Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda – Sebuah kata kunci yang dipakai untuk lomba SEO di Indonesia. Dengan lomba ini Honda ingin memperkenalkan produk mereka yang dilengkapi dengan teknologi PGM-FI. Tapi apa itu PGM-FI? Mari kita cari tahu apa itu teknologi Honda PGM-FI dan apa keuntungannya.

PGM-FI/PGMFI adalah singkatan dari Programmed Fuel Injection dimana sistem ini telah diimplementasikan oleh Honda kepada produk-produk sepeda motor dan mobil mereka. Awalnya teknologi ini digunakan untuk mobil balap. Seperti anda tahu bahwa arena balap adalah suatu ajang kompetisi dimana secara tidak langsung “memamerkan” teknologi terbaik dari masing-masing produsen mobil dan motor balap.

Honda yang selalu berinovasi telah memikirkan segala aspek terutama terhadap masalah lingkungan seperti penggunaan bahan bakar dan asap dari knalpot. Lalu bagaimana teknologi PGM-FI dari Honda ini mampu memberikan solusi terhadap masalah-masalah ini?

Cara kerja teknologi Honda PGM-FI

Programmed Fuel Injection
Bila komputer memiliki CPU, maka motor Honda memiliki Engine Control Unit atau yang disingkat dengan ECU. Pada teknologi PGM-FI, Engine Control Unit ini memiliki sensor yang dapat mengukur suhu mesin, pendingin, oli, dan tekanan udara dari luar. Berdasarkan data ini dan tekanan dari pedal gas, ECU akan menghitung berapa banyak oksigen dan bahan bakar yang harus digunakan agar hasil yang didapatkan optimal, irit dan efisien.

Menurut saya pribadi motor Honda adalah motor teririt dikelasnya, tetapi selain mesin apa saja yang harus diperhatikan untuk mencegah agar motor tidak boros dalam penggunaan bahan bakar. Ada beberapa hal yang biasanya orang lalai ketika merawat motornya padahal Honda telah banyak memberikan kesempatan servis gratis* untuk para konsumen setianya dan garansi untuk komponen PGM-FI selama 5 tahun (atau 50.000 km) untuk Spacy Helm in PGM-FI dan Supra X Helm In PGM-FI. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar motor Honda anda lebih irit. Informasi ini diambil dari situs gilamotor.com dan situs yang berkaitan lainnya.

1. Rantai
Pernahkah anda naik sepeda dengan rantai yang kendor? Anda pasti membutuhkan usaha yang lebih besar untuk menjalankan sepeda tersebut. Hal yang sama terjadi pada motor anda bila rantai anda kendor. Biasanya ini terjadi karena posisi gear depan dengan gerar belakang tidak lurus atau komponen yang anda pakai tidak asli. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Anda dapat mendorong rantai bagian bawah dengan pergerakan ke atas maksimal 2 cm. Ketika anda mengatur ketegangan rantai jangan terlalu kencang ataupun kendor.

Honda Genuine Parts

Bila hal ini terlalu sulit untuk anda lakukan sendiri? Jangan khawatir, silakan anda pergi ke tempat service resmi Honda yang telah banyak tersebar di seluruh Indonesia dan jangan lupa selalu gunakan Honda Genuine Parts. Mereka dengan senang hati akan membantu anda untuk menyelesaikan masalah ini.

2. Karburator
Fungsi dari karburator adalah untuk mengatur bahan bakar dan udara secara merata ke dalam saluran untuk proses pembakaran dalam sebuah mesin motor. Bila karburator tersebut bercampur kotoran maka proses pembakaran tidak akan sempurna, sehingga dianjurkan anda membersihkan karburator minimal 1-2 bulan sekali. Pada tahun 2005, Honda telah menggunakan teknolgi PGM-FI untuk menggantikan karburator.

3. Cara anda mengendarai sepeda motor
Kadang-kadang secara sengaja ada orang yang ingin bergaya dengan memainkan gas terus menerus pada saat lampu merah, ngebut, atau sering mengerem secara mendadak. Hal ini sangat memboroskan bahan bakar.

Setelah membaca beberapa hal yang dapat membuat bahan bakar boros, sekarang saya akan memberikan beberapa tips agar bahan bakar anda lebih irit.

1. Ketika anda ganti gigi, pastikan anda sesuaikan dengan kondisi putaran mesin.

2. Jangan menarik tuas gas sambil menekan rem. Mengapa? Bayangkan saja ketika akan *maaf buang air besar tapi anda menahannya. :)

3. Ketika gigi motor anda sedang berada diposisi netral, jangan memainkan tuas gas anda berlebihan.

4. Pernahkah anda memanaskan mesin motor sebelum berangkat ke suatu tempat? Ya itu memang perlu tapi jangan terlalu lama. Cukup 1-3 menit.

4. Lakukan service secara teratur di tempat service yang resmi.

5. Dan yang terakhir bagi pengguna motor skutik, jangan terlalu menekan tuas gas terlalu kencang jika anda merasa tenaga motor kurang besar. Lakukan perlahan-lahan dan usahakan kecepatan maksimal jangan lebih dari 60 km/jam. Rasakan bedanya.

Dengan menerapkan tips-tips di atas saya yakin anda dapat menghemat penggunaan bahan bakar jauh lebih irit, tetapi bagaimana bila anda menggabungkan tips di atas dengan motor Honda berteknologi PGM-FI? Sudah tentu hasilnya akan lebih maksimal. (lebih efisien 17%)

Sesuai dengan slogan “sepeda motor injeksi irit harga terbaik cuma Honda“, motor Honda berteknologi PGM-FI ini memiliki beberapa keuntungan lain selain dilihat dari sisi pemakaian bahan bakar seperti:

1. Lebih Ramah lingkungan

Lebih Ramah Lingkungan

Dengan adanya “otak cerdas”, sensor O2 serta catalytic converter (sebuah kontrol untuk perangkat emisi gas yang menurunkan tingkat bahan kimia beracun dari sisa pembakaran) di dalam motor berteknologi PGM-FI, maka hal ini dapat menekan emisi hingga mencapai 90%. Ini merupakan aturan standar regulasi dari EURO 3.

2. Lebih bertenaga dibandingkan dengan produk sebelumnya.

lebih bertenaga

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, teknologi PGM-FI ini sebenarnya telah diaplikasikan pada motor balap. Tapi sekarang anda memiliki teknologi ini di motor anda.

3. Lebih mudah dalam melakukan perawatan.

Lebih Mudah Dalam Perawatan

Dengan teknologi Malfunction Indicator Lamp (MIL) yang terintegrasi dalam teknologi PGM-FI maka anda dapat dengan mudah mengindetifikasi gangguan mesin pada motor anda. Klik di sini untuk melihat maksud dari kedipan Malfunction Indicator Lamp.

4. Lebih mudah dalam menghidupkan mesin dalam kondisi tertentu.

Lebih Mudah Dihidupkan

5. Cocok dengan bahan bakar premium.

Cocok Dengan Bahan Bakar di Indonesia

6. Garasi komponen hingga 5 tahun atau jarak yang ditempuh telah mencapai 50.000 km*.

Beberapa produk Honda yang telah memakai teknologi PGM-FI adalah CBR250R, CBR150R, PCX, Supra X 125 Helm In, dan Spacy Helm In.

Honda CBR250R

Honda CBR250R
Honda menyebut CBR250R ini sebagai ‘Light Sport Motorcycle’ dan mempunyai 3 varian warna yaitu Candy Ruby Red Silver Metallic dan Black Metallic. Honda CBR250R ini mempunyai tingkat polusi CO2 yang rendah. CRB250R memakai mesin 249 CC, berukuran panjang 20.35cm, lebar 7.2cm, dan tinggi 11,25cm. Motor ini memakai ban depan berukuran 110/70-17 dan ban belakang berukuran 140/70-17. Klik di sini untuk melihat spesifikasi lengkap dari motor Honda CBR250R.

Honda CBR150R

Honda CBR150R
Pasti anda semua pernah bertanya apa perbedaan yang mencolok antara Honda CBR250R dan CBR150R? Secara garis besar, kedua motor ini tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok. Dari segi penampilan, mereka bagaikan saudara kembar ;), macho dan keren. Tetapi ada sedikit perbedaan dari ukuran kedua motor tersebut. Bila CBR250R memiliki 20,35cm x 7,2cm x 11,25cm (p x l x t), CBR150R memiliki ukuran 19.77cm x 7,01cm x 11,30cm (p x l x t). Jadi selisihnya sekitar 1,4cm. Dari sisi ukuran ban cuma ada sedikit perbedaan. Nah untuk mesin, dua-duanya memakai Silinder Tunggal, teknologi PGM-FI, serta cairan pendingin. Yang pasti ketika anda mencoba kedua varian ini, mesin CBR250R mempunyai tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan CBR150R. Ada 4 varian warna untuk Honda CBR150R ini, seperti:
CBR150R model

Klik di sini untuk melihat spesifikasi lengkap dari CBR150R.

Honda PCX

Honda PCX

Dengan bentuk fisik yang elegan dan trendy, motor Honda PCX ini ditujukan untuk kelas menengah ke atas. Mesinnya berkapasitas 125 cc, mampu menampung 6.2 liter bahan bakar, dan dilengkapi cairan pendingin agar mesin tetap pada suhu yang normal. Selain lebih bertenaga dan efisien untuk kelas motor skutik, sistem keamanan pada PCX ini sangat diperhatikan oleh pihak Honda. Dilengkapi dengan (IKS) Intelligent Key Shutter (pengaman kunci kontak bermagnet), Honda telah menanamkan sensor gerak dan getaran serta built-in alarm untuk mencegah pencurian. Maklum harga untuk motor ini lumayan mahal. Honda telah menyediakan 3 varian warna seperti: Silverstone Metallic, Goldbullion Metallic, dan Black Nighthawk. Klik di sini untuk melihat spesifikasi lengkap dari Honda PCX 125.

Honda Supra X 125 Helm In

Honda supra X 125 PGMFI
Bila anda membandingkan bentuk dan kecepatan dari Honda Supra X 125 yang dulu dengan Supra X 125 sistem injeksi, bagai pinang dibelah dua. Tetapi semuanya berbeda ketika anda menarik tuas gas. Honda Supra X 125 dengan sistem PGM-FI sangat responsif ketika menaikan dan menurunkan tuas gas untuk berpindah gigi. Anda harus membiasakan pijakan kaki yang agak lebar ketika mengendari motor ini karena ukuran bagasi motor yang besar dan mampu menampung helm full face anda. Datang dengan 4 varian warna: hijau, merah, abu-abu, dan biru. Klik di sini untuk melihat spesifikasi lengkap dari Supra X 125 Helm In.

Honda Spacy Helm In

Honda SpacyKira-kira menurut anda, apa maksud Honda memberikan nama Spacy? Bila anda menjawab bahwa Spacy hanya sebuah nama, anda salah besar. Spacy itu berasal dari kata ‘space‘ yang artinya ruang (ini hanya tebak-tebakan, jadi kalau salah tolong dimaklumi ;)). Jadi motor ini punya body cukup besar sehingga anda memerlukan tempat yang lebih lega untuk menyimpannya. Tetapi dibalik ‘bodynya‘ yang agak lebar, motor ini memiliki bagasi yang luas, jadi anda bisa menyimpan helm cadangan anda di dalam bagasi motor ini.
Bagasi Honda Spacy
Lampu depan yang dimiliki oleh Honda Spacy sangat baik ketika malam hari dan pijakan lebih baik bila dibandingkan dengan Honda Beat. Untuk lampu belakang, sesuai dengan ukurannya memiliki lampu rem yang besar. Lampu sein terletak tepat di bawah lampu remnya.

Bila anda mengira motor ini berat, maka anda salah besar. Walaupun punya body besar tapi motor ini tergolong ringan. Orang yang dibonceng anda pun pasti akan nyaman karena joknya besar. Untuk urusan bahan bakar, motor ini bisa menampung 5 liter bahan bakar. Bila anda pernah memakai motor skutik dan merasa tenaganya kurang ‘jos‘, maka motor Honda yang satu ini dapat mematahkan fakta tersebut. Ini mungkin karena teknologi PGM-FI yang telah diimplementasikan oleh Honda. Terus terang Honda telah berhasil membuat produk yang elegan, ringan, bertenaga untuk sekelas motor skutik. Klik di sini untuk melihat spesifikasi lengkapnya.

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Dengan ini berakhir sudah artikel tentang Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda. Ini adalah pertama kalinya saya membuat artikel untuk lomba SEO. Jadi mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat bagi anda. Saran dan kritik sangat saya nantikan. Terima kasih pada website-website yang telah memberikan informasi kepada saya tentang teknologi PGM-FI ini beserta review produknya. Akhir kata saya ucapkan juga terima kasih kepada anda karena sudah mau membaca artikel tentang Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda yang saya rangkum ini.

5 thoughts on “Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s