Kiat dan Tips Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Untuk artikel kali ini saya akan memcoba membahas tentang bagaimana memulai bisnis karena saya yakin diantara para pembaca blog ini ada juga keinginan untuk membuka bisnis. Jadi apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum membuka bisnis sendiri, mari kita lihat.

Memiliki bisnis sendiri berarti punya tanggung jawab sendiri. Anda menjadi bos dan juga karyawan diusaha Anda sendiri. Ini pasti akan menyenangkan, tapi juga menantang.

Apakah Anda punya modal?

Semua bisnis memerlukan dana dan tidak ada yang bisa mulai usaha tanpa uang. “Sebagian besar perusahaan yang punya uang, mengambil pinjaman dari bank dan tentunya harus mampu membayar kembali,” ujar Ankita Bharadwi, seorang pemilik butik, memberi masukan.

Apakah akan menguntungkan?

Jika perputaran bisnis Anda sedikit, bagaimana Anda bisa membayar pinjaman Anda? Selain itu, Anda masih membutuhkan uang untuk membayar sewa dan pajak.

Menurut Bharadwai, banyak orang tidak menyadari bahwa bisnis hanya bisa berubah menjadi usaha bantalan, bila mereka tidak memikirkan soal untung rugi.

Apakah bisa beroperasi secara bebas?

Hal ini tidak mudah untuk memastikan semuanya berjalan lancar, antara sumber Anda, Anda dan klien. “Anda tidak akan menyadari jumlah tanggung jawab di puncak Anda sampai Anda memulai. Akan lebih mudah bekerja dengan pasangan yang dapat berbagi tanggung jawab,” ujar Maya Kansal, seorang desainer perhiasan.

Apakah lokasinya tepat?

Jika Anda berencana menyewa atau membeli tempat untuk usaha, Anda harus memiliki lokasi yang tepat untuk itu. “Jika ada tempat yang tepat, Anda akan mendapatkan pelanggan yang tepat juga,” kata Bharadwaj.

Siapa targetnya?

Anda tidak yakin siapa yang seharusnya membeli pakaian Anda, sehingga Anda menjual barang-barang untuk semua orang. “Lebih baik tetap berpegang pada target Anda sehingga Anda dapat lebih kreatif. Anda dapat menjual barang-barang yang berkualitas”

Motivasi dalam berbisnis
1. Bisnis biasanya diawali dengan niat dan the magic of kepepet. (Tapi saya harap anda tidak berbisnis karena kepepet :) )

2. Jangan takut rugi karena orang yang takut pasti tidak akan maksimal dalam mengerjakannya dan jangan berharap karena dibalik harapan ada sebuah kekecewaan.

3. Berusahalah untuk menjadi orang yang murah senyum dan supel. Anda orang introvert? Belajarlah, baca buku pengembangan diri dan praktekan. Buku yang dapat saya rekomendasikan adalah
“Berpikir dan Berjiwa Besar” karangan David J. Schwartz. Anda bisa download buku versi digitalnya di sini tapi alangkah baiknya anda membeli buku nya secara fisik karena lebih lengkap dan mudah untuk dibaca.

4. Just do it, jangan kebanyakan analisa, nanti ga pernah punya usaha.

5. Anda ga punya modal dan tidak mau meminjam uang ? Bekerjalah dan belajar untuk mengumpulkan modal. Cari kawan-kawan baru biar jalan bisa lebih terbuka. Jangan menyerah terhadap keadaan. Jangan sampai menunggu keadaan yang mengubah anda.

OK gitu aza.. moga2 bermanfaat…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s