Ingin KPR tapi Masih Ada Utang

Tanya:
Penghasilan saya 5 juta dan suami 5,5 juta. Kami baru saja menikah dan masih tinggal bersama orang tua. Saya berencana akan ambil KPR dengan cicilan 2,5 juta untuk 5 tahun, tapi saya sudah ikut asuransi pendidikan dengan biaya 500 ribu per bulan selama 3 tahun. Suami juga masih punya cicilan mobil 50 juta lagi. Apakah harus ada yg saya refisi ulang? Saya takut terjebak DP dan cicilan KPR. Mohon bantuannya.

Jawab:

Jika Anda jadi mengambil KPR, maka total cicilan keluarga ini adalah KPR 2,5 juta per bulan ditambah cicilan mobil. Sayangnya Anda tidak menyebutkan berapa cicilan per bulan untuk mobil suami Anda. Sedangkan premi asuransi pendidikan itu bukan termasuk cicilan utang.

Secara umum, cicilan sebaiknya maksimal sebesar 30% dari penghasilan Anda berdua. Jika pendapatan Anda berdua adalah 10,5 juta, maka total cicilan (KPR plus mobil) maksimal Rp3.150.000.

Untuk ssuransi, silakan dicek lagi apakah asuransi itu benar-benar efektif dan benar-benar Anda butuhkan? Apakah asuransi pendidikan ini benar-benar bisa menutup biaya pendidikan anak-anak Anda?

Menurut saya, jika total cicilan lebih kecil dari batas maksimal tadi sih tidak masalah untuk mengambil cicilan KPR. Tapi jika cicilan bulanan memberatkan Anda, maka Anda harus menambah pemasukan atau melunasi dulu hutang mobil.

Alternatif lainnya adalah dengan memperpanjang jangka waktu KPR-nya, misalkan menjadi 10 tahun. Hal ini akan menurunkan cicilan bulanan KPR sehingga Anda tidak perlu melunasi mobil, cicilan bulanan pun masih bisa Anda penuhi dan tidak terasa berat.

Semoga bermanfaat.

source: id.she.yahoo.com/ingin-kpr-tapi-masih-ada-utang-111805755.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s