Bagian 1: 31 Cara Jitu Menghilangkan Noda Tinta dan Noda Membandel Lainnya

Pernahkah baju anda terkena noda tinta gara-gara pulpen yang anda selipkan bocor? atau baju anda terkena coklat, oli, lipstik, dan lain sebagainya? Tentu sangat jengkel bukan? Nah berikut ini cara untuk menghilangkan noda tinta pada baju dan noda membandel lainnya agar baju anda kembali seperti sediakala. Simple and clean. Yuk disimak tips-tipsnya.

Menghilangkan Noda Tinta Pada Baju

cara membersihkan noda tintaCara Pertama:

Aseton (Cairan Penghapus cat Kuku. Caranya : teteskan aseton pada bagian yang terkena noda. Diamkan kurang lebih 30 menit setelah itu kucek-kuceklah sampai tinta benar-benar luntur dan bersih. Nah untuk menyempurnakannya, kita bisa mencuci pakaian tersebut seperti biasanya, yaitu dengan menggunakan detergen, kemudian bilaslah sampai bersih.

Kalau noda tidak terlalu besar, agan bisa memakai korekan telinga yang agan celupkan di aseton, lalu gosok pelan2 sampai noda memudar dan langsung cuci dengan detergen untuk menghilangkan sisa-sisa noda yang membandel.

Cara Kedua:

Untuk noda tinta yang sudah lama tidak bisa dihilangkan coba gunakan hairspray yang mengandung aerosol. Caranya, semprotkanlah pada lap kering, kemudian gosok-gosokkan pada tempat yang terkena noda. Zat aerosol mungkin saja dapat menghilangkan tinta. Hanya saja, kelemahannya bisa meninggalkan residu yang lengket pada pakaian. Tapi tidak semua jenis spray rambut ada yang mengandung aerosol jadi hati-hatilah ketika membeli

Cara Ketiga:

Ada beberapa masukan lain yang lebih khusus, yang terkait dengan warna pakaian. Untuk pakaian berwarna, apabila terkena noda tinta, kita bisa membersihkannya dengan air susu. Zat laktosa di dalamnya dapat meluruhkan tinta sedikit demi sedikit. Kita hanya perlu ekstra bersabar sebelum semua nodanya hilang.

Caranya, rendamlah pakaian yang terkena noda tinta dalam air susu selama beberapa menit. Kemudian, angkat dan kuceklah sebentar. Masukkan lagi ke dalam larutan susu, lalu cucilah dengan air dingin. Tapi jangan membeli susu bayi y gan karena efeknya juga tetep sama dengan susu biasa.

Di mana tempat beli Aseton (Cairan Penghilang Cat Kuku)?

Anda bisa cari di apotik-apotik terdekat, toko kosmetik dan yang menjual kutex, dan toko-toko aksesoris cewe

2. Noda Cat dan Oli

  • Ambil spons bersih, celupkan ke terpentin. Gosokkan spons ke noda cat sambil dikucek-kucek. Kemudian cuci seperti biasa.
  • Atau ambil sebutir telur, pecahkan. Oleskan putih telur ke noda cat. Gosok kain/pakaian yang ada nodanya berulang-ulang dan rendam semalaman. Kemudian bilas dan cuci seperti biasa.

Cara Lain Untuk Noda Oli

Ambil secolek mentega lalu oleskan pada noda oli. Diamkan kira-kira 15 – 30 menit, lalu cuci kain/pakaian seperti biasa.

3. Noda Cokelat

Bila kain/pakaian terkena noda cokelat dan sudah dicuci nodanya tidak mau hilang, coba cuci dengan air hangat dan obat penghilang noda. Kalau tidak mau hilang juga, buat campuran gliserin dan kuning telur. Oleskan larutan ini ke noda dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, cuci kain/pakaian dengan air hangat.

4. Noda Darah

Membersihkan noda darah caranya cukup mudah rendam baju yang kena darah dengan air hangat kuku dan garam. Ingat jangan menggunakan air panas.

5. Noda Minyak, Mentega, Dan Lilin

Setrika dengan panas hangat kuku diantara kertas kue. Noda yang masih tertinggal bisa menggunakan bensin, tetra atau air sabun. Nah untuk menghilangkan noda lilin sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu lilin yang melekat pada pakaian tersebut.

Cara lain untuk Noda Lilin

Bila pakaian atau taplak meja Anda ketumpahan lelehan lilin, keroklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak. Taruh kertas itu di atas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan menyerap ke kertas tersebut.

Cara Lain untuk Noda Minyak

  • Bila pakaian atau taplak terkena noda minyak, segera taburi tapung atau bedak talek. Diamkan selama 10 – 20 menit. Bersihkan. Kalau nodanya belum hilang juga, ulangi kembali sampai nodanya hilang. Kalau tak mau hilang juga, gosok noda dengan thinner. Hati-hati jangan lakukan hal ini dekat api.
  • Cara lain, cuci kain/pakaian dengan air sabun hangat, tapi jangan panas. Bila yang terkena minyak kain/pakaian yang terbuat dari nilon, segera taburkan bedak talek pada noda tersebut.
  • Atau ambil kertas minyak untuk muka, taruh di noda. Kemudian noda disetrika. Setelah selesai, taburi dengan bedak talek.

5. Noda Gula Dan Manisan

Dibersihkan dengan cara mencuci air menggunakan air hangat kuku.

6. Noda Kunyit

Dibersihkan dengan sabun dan borax.

7. Noda Getah Buah Kopi Atau Anggur

Dibersihkan menggunakan air sabun dan borax atau spirtus panas.

8. Noda Karet

Menghilangkan noda karet bisa dibersihkan diatas air panas dan zuring zout (racun). Tempatkan di wadah yang panas, kemudian bilas dengan air secukupnya.

9. Noda Pernis, Damar dan Aspal

Patahkan hati-hati, keluarkan dengan spirtus panas. Bisa juga dihapus dengan menggunakan bensin atau tetra.

10. Noda Kotoran Lalat

Dibersihkan dengan air biasa dan amoniak.

11. Noda Minyak Tanah

Noda minyak tanah dibersihkan dengan cara disetrika diantara kertas kelantan atau diuapkan.

12. Noda yodium

Noda yodium dibersihkan dengan hypo, lalu dibilas dengan air bersih.

13. Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju

Ambil asam cuka lalu campur dan larutkan dalam air bersama diterjen, lalu rendam pakaian yang terkena luntur tersebut selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih, anda juga bisa manfaatkan garam dapur secukupnya cara sama seperti yang di atas

14. Noda Lipstik

Kucek noda lipstik dengan bensin. Tapi, jangan lakukan ini pada pakaian/kain halus. Atau coba dahulu di bagian yang tak tampak.

15. Noda Lumpur

Bila suatu hari anak Anda pulang dengan pakaian penuh lumpur, jangan panik. Biarkan lumpur mengering, baru setelah itu lumpurnya disikat. Kalau masih ada sisa noda, gosok dengan air rebusan kentang. Terakhir cuci biasa.

Lanjut kebagian ke 2

20 thoughts on “Bagian 1: 31 Cara Jitu Menghilangkan Noda Tinta dan Noda Membandel Lainnya

  1. Pingback: Bagian 2: 31 Cara Jitu Menghilangkan Noda Tinta dan Noda Membandel Lainnya | Just My Hobby

  2. kalo tips menghilangkan noda tinta di uang kertas ada ga ya? soalnya risih bgt lihat uang kertas negara Indonesia di coret2 pake pulpen

  3. mas klo menghilangkan noda kotor pada krah baju, tangan dll.
    biasanaya klo kita cuci dg mesin cuci kan masih nampak klo tidak kita ucek. ada nggak caranya seperti klo kita nyuci diloundry.
    makasih.

  4. Untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian berwarna putih, anda bisa juga mencoba cara yang satu ini. Gunakan larutan hidrogen peroksida atau H2O2 dengan kadar kira-kira 3 sampai 5%. Rendam bagian pakaian dalam larutan hidrogen peroksida. Diamkan, lalu lihat hasilnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s