Yuk Kita Cari Tahu Bagaimana Proses Pembuatan MRT [Gambar + Video]

Pasti semua pada tahu bahwa Jakarta mempunyai rencana membangun MRT untuk menanggulangi masalah macet dan banjir. Terlepas dari kontroversi akan dibangunnya MRT di Jakarta, penasaran ga sih bagaimana proses pembuatan jalur kereta bawah tanah. Seperti yang kita tahu bahwa dibawah tanah ini banyak bebatuan keras dan hampir tidak mungkin bisa dikerjakan tanpa alat-alat berat.

Pada artikel kali ini saya akan membawa anda jalan-jalan bagaimana prosesnya dengan bahasa sesederhana mungkin plus disertai gambar dan videonya. Ini dia ulasannya.

Akhir-akhir ini sering sekali media massa memberitakan tentang solusi kemacetan di Jakarta yaitu Mass Rapid Transit (MRT) dan Terowongan Multi Fungsi (TMF) atau Deep Tunnel-yang ini solusi banjir juga. MRT sendiri dibagi tiga media jalur transportasi yaitu permukaan (surface), layang (elevated), dan bawah tanah (subway).Yang menariknya (terlepas dari pro-kontra dan biaya pembangunannya), jika proyek ini berhasil diadakan maka Jakarta akan kedatangan Alat Canggih untuk membuat terowongan bawah tanah untuk Subway MRT dan Deep Tunnel yang bernama Tunnel Boring Machine (TBM).

Subway MRT

Subway MRT

Subway MRT

Deep Tunnel

Deep Tunnel

Deep Tunnel

Tunnel Boring Machine ini berbentuk silinder, permukaan terowongan yang terbentuk jadi seperti lingkaran. Mesin ini semacam robot yang akan melakukan pengeboran sekaligus menyemen dan membeton. TBM dapat digunakan pada batuan lunak hingga batuan keras. Diamater alat ini bervariasi mulai dari semeter hingga 19 meter mungkin sekarang ada yang lebih kali ya. TBM dilengkapi dengan mata bor yang tersebar di permukaan kepala bor.

TBM digunakan sebagai alternatif metode drilling and blasting (D&B). Drilling and blasting merupakan metode konvensional untuk membuat terowongan yang terdiri dari beberapa tahap dengan drilling (membor) dan blasting (meledakkan) sebagai dua tahap paling utama.

1. Bagian-bagian TBM

Bagian2 TBM

Bagian2 TBM

2. Pabrik TBM

Ini adalah tempat memanufaktur mesinnya, sebelum dikirim dan digunakan ditempat yang sebenarnya maka dilakukan uji coba atau pengetesan kinerja terlebih dahulu sesuai standar yang digunakan.

Uji Coba

Uji Coba TBM

Uji Coba TBM

Hasil

Tunnel Boring Machine

Testing

Testing TBM

Testing TBM

3. Pengiriman

Mesin ini beserta kelengkapannya dikirim ke site dalam bentuk terpisah. Itu tentunya untuk mempermudah pengiriman karena sizenya yang besar.

Pengiriman TBM

4. Perakitan

Di tempat ini nantinya akan dibuka dengan membuat lubang, digali satu jalan terlebih dahulu dan kemudian TBM dimasukkan ke dalamnya. Di dalam galian tersebutlah TBM ini dirakit.

15 16 17 18 19 20 21

5. Proses kerjanya

Penggerusan Tanah

Kepala bor yang berbentuk silinder ini akan berputar dan menggerus tanah dan batuan. Begitu seterusnya sambil TBM bergerak maju. Tanah yang masuk pada silinder akan dialirkan ke belakang melalui screw conveyor dan conveyor-conveyor yang lain.

22 23 24 25

Pemasangan Segment

Setelah penggerusan tanah kemudian dipasanglah segmen-segmen untuk dinding terowongan. Segment-segment tersebut telah dibuat sebelumnya bisa di site langsung atau di tempat lainnya.

Pembuatan Segmen

26

Pengiriman Segment

27

Pemasangan Segment

28

29

Hasil

30

31

6. Jika Gagal

Semua pekerjaan pasti ada resikonya gan, termasuk pengeboran terowongan ini gan. Bisa jadi salah perhitungan, salah eksekusi, atau bisa jadi salah pemilihan teknologi.

32

33

34

Video

Deep Tunnel Jakarta

Prinsip Kerja TBM

Dokumentasi Proyek

Jika Gagal

Bagaimana menurut pembaca sekalian? Apakah projek MRT ini dapat dilaksanakan di kota Jakarta?

Source:

http://dunia-atas.blogspot.com/2011/03/tunnel-boring-machine-mesin-bor.html

http://www.tunneltalk.com/AMR-India-Project1.php

http://metro.news.viva.co.id/news/read/183577-cara-alat-ini-membuat-subway-mrt-di-dki-

http://www.antaranews.com/berita/351377/terowongan-multi-fungsi-jalan-yang-lain-juga

http://www.jakartamrt.com/

http://www.kaskus.co.id/thread/51fb6c921acb17e43f000002

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s