10 Tips Cara Bangun Pagi Yang Efektif + Manfaat Bangun Pagi

Bangun pagi adalah sebuah aktivitas yang biasanya kalau tidak dipaksa akan kebablasan tidur sampai siang. Apalagi bila anda tahu di luar sedang hujan. Dengan tidur masih ditutupi selimut walaupun alarm sudah bunyi atau suara ibu berteriak-teriak, anda bilang “aduh bentar lagi deh.. 5 menit lagi bangun… masih ada waktu…” (Θ˛Θƪ)

Boom.. alhasil anda bangun sejam kemudian…!!!

Apakah anda pernah seperti itu? Kalau begitu anda sama dengan saya. ┒(⌣˛⌣)┎

Tapi setelah saya berhasil bangun pagi dengan beberapa tips di bawah ini, saya sekarang mulai merasakan manfaat bangun [ago seperti contohnya udara di pagi sangat segar. Sejuk tanpa ada gangguan polusi udara.

Walaupun bangun pagi itu sepele tapi banyak juga loh yang tidak bisa bangun pagi. Sebagian besar karena kebiasaan yang salah ketika waktu tidur dimalam harinya.

Berikut ini tips dan cara bangun pagi yang efektif serta manfaat bangun pagi yang tidak bisa anda dapatkan selain pada pagi hari. Coba dan buktikan beberapa tips di bawah ini dan saya yakin anda juga bisa bangun pagi seperti saya saat ini.

Sudah siap?

1. Tidurlah lebih Awal

tidur lebih awal

Dulu saya biasanya tidur di malam hari antara dari jam 23:00 – 01:00 dini hari. Saya mengakui inilah penyebab utama saya susah bangun pagi. Yakni karena kurangnya tidur, tentunya kurang tidur akan membuat Anda susah bangun pagi dan kalaupun Anda bangun pagi, Anda akan lebih lelah.

2. Letakkan Alarm Jauh Dari Anda

letakan alarm agak jauh

Bila memakai alarm di HP, ketika sudah bunyi langsung dimatikan alarmnya agar bunyi lagi sekitar 10 menit lagi dan terus berulang sampai anda “menghabisi” alarm tersebut dan tidak bisa mengeluarkan suara lagi. Ciiiiiat \( #`⌂´)/┌┛ ALARM..!!!

Bila anda tipe orang seperti ini, maka alarm sekarang bertujuan untuk hanya mengganggu Anda. Oleh karena itu letakkanlah alarm di tempat yang strategis dan jauh dari Anda.

Tips ini akan bekerja lebih baik jika alarm Anda memiliki suara yang keras, bahkan jika cukup keras, Anda tidak perlu meletakkannya jauh dari Anda.

3. Gunakan Beberapa Alarm

alarm tambahan

Ini adalah alternatif lain jika Anda tidak ingin meletakkan alarm jauh dari Anda. Gunakanlah beberapa alarm untuk membantu alarm lainnya yang dekat dengan Anda. Aturlah agar alarm lainnya berbunyi 5 menit setelah alarm lainnya.

Dengan melakukan ini maka alarm akan terus berbunyi walaupun Anda melakukan snooze dan alarm akan dapat menjalankan fungsinya dengan ‘baik’.

4. Letakkan Handuk Basah di Dekat Anda

handuk basah

Merupakan pengetahuan umum bahwa air yang dingin adalah cara bangun yang sangat efektif karena rasa kagetnya. Anda tidak perlu sampai disiram air, hanya siapkanlah handuk basah yang sudah Anda siapkan sebelum Anda tidur, dan begitu alarm berbunyi Anda dapat meletakkan handuk basah tersebut ke muka Anda.

5. Gunakan Suara Alarm yang Lebih Kencang

kencangkan suara alarm

Pernahkah Anda mendengar suara alarm kapal selam di iPhone? Anda mungkin mengetahui maksud dari tips ini. Suara yang sangat kencang adalah cara yang baik untuk membuat diri Anda terbangun dari tidur. Anda juga dapat mencoba mengatur agar alarm Anda berada di volume paling besar. Apapun suara yang ada, buatlah keras dan tidak enak didengar.

6. Biarkan Sinar Matahari Masuk dari Jendela

sinar matahari
Jika ruangan Anda memiliki jendela, aturlah agar sinar matahari dapat masuk melalui jendela terseubt di pagi hari. Pada saat itu, cahaya alami dari matahari akan mengirimkan sinyal ke otak Anda untuk memacu hormon yang akan membangunkan Anda. Anda juga dapat menggunakan alarm yang memberikan cahaya terang.

Hal ini akan lebih baik jika didukung dengan Anda tidur lebih awal.

7. Cium Sesuatu yang Memberikan Energi

bau garam

Mencium sesuatu yang memberikan energi seperti garam telah dibuktikan berhasil membangunkan orang-orang selama bertahun-tahun. Yang dimaksud energi di sini bukanlah harus sesuatu yang bau, tetapi mungkin wangi yang Anda suka atau dapat memotivasi Anda untuk bangun.

Seperti botol parfum berwangi jeruk, buah atau mint di sebelah ranjang Anda untuk menghilangkan rasa malas bangun.

8. Makan Sesuatu

dekat permen

Sama halnya dengan makan di pagi hari yang membutuhkan kesadaran, makan juga akan memotivasi Anda untuk bangun. Seperti permen Golia atau Fisherman’s Friend, letakkanlah permen tersebut di samping Anda.

Letakkanlah di samping ranjang Anda agar begitu Anda ingin bangun, Anda dapat langsung meraihnya.

9. Latih Diri Anda

latih diri sendiri

Daripada memaksa diri Anda untuk bangun, lebih baik latih diri Anda untuk secara instan bereaksi dengan melatih hal tersebut setiap Anda bangun. Pada siang hari, matikan semua lampu dan praktekkan begitu alarm berbunyi, Anda langsung bangun.

Dengan melakukan ini 2 kali sehari maka tubuh Anda akan secara otomatis mengingat pergerakan ini.

10. Jangan Minum Kafein Sebelum Tidur

minum kafein

Seperti yang telah diketahui secara umum, kafein akan memberikan Anda rasa lebih segar dan mencegah Anda ngantuk. Jika Anda meminumnya sebelum Anda tidur, maka tidur Anda juga tidak akan terasa nyenyak karena untuk tidur nyenyak, Anda membutuhkan waktu lebih lama.

Kafein dan alkohol membutuhkan waktu untuk hilang dari sistem dalam tubuh Anda.

Tips tambahan kalau mau bangun dari tidur jangan guling-guling dulu di kasur, ketika melek langsung berdiri, efektif loh atau bila memang anda tidak bisa tidur lebih cepat, coba untuk berolahraga dipagi harinya.

Selain tidur anda akan lebih pulas, anda akan lebih mudah tertidur dimalam harinya.

Saya sudah mencobanya dan sukses jadi tinggal giliran anda.

Manfaat Bangun Pagi

Memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar

manfaat bangun pagi : sehat dan bugar

Anda sering lemas dan susah untuk tidur atau  tidur anda tidak nyenyak? Saya juga pernah seperti ini. Solusinya hanya satu yaitu bangun pagi dan mulailah berolahraga sambil menghirup udara segar.

Saya benar-benar merasakan perbedaan yang signifikan ketika saya olahraga dipagi hari.

Kebanyakan orang yang sukses juga memiliki kebiasaan bangun lebih pagi. Olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari bisa meningkatkan mood dan memberikan energi untuk beraktivitas.

Meningkatkan produktivitas

meningkatkan produktivitas

Jika Anda mengawali hari lebih awal, Anda akan membuat hari terasa lebih panjang. Dengan demikian, Anda bisa melakukan lebih banyak dalam satu hari daripada biasanya. Jika pekerjaan Anda menumpuk untuk esok hari, tidurlah lebih awal, bangun lebih pagi, maka Anda bisa menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.

Berdasarkan pengalaman saya, bekerja diwaktu pagi hari sebelum matahari terbit lebih mudah berkonsentrasi.

Menghindari kemacetan

menghindari macet

Kebanyakan waktu kita digunakan di dalam kendaraan. Benar tidak? Warga Jakarta atau kota besar lain di Indonesia tentu tahu, jika Anda harus menempuh waktu puluhan kilometer menuju kantor setiap hari, Anda akan menghemat waktu jika berangkat ke kantor lebih awal.

 

Bahkan ketika macet, menempuh jarak 5 km yang seharusnya hanya perlu 15 menit menjadi 1 jam.

Dengan bangun pagi anda bisa tiba di kantor bisa lebih awal dan Anda bisa menggunakan waktu yang masih ada untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, entah itu membaca, olahraga, menelepon orangtua di kampung, merencanakan kegiatan dalam sehari, dan lain sebagainya. Daripada menggunakan waktu ini untuk mengarungi kemacetan, lebih baik memanfaatkannya untuk “me time” kecil-kecilan kan?

Ayo mulai bangun pagi mulai saat ini dan rasakan manfaatnya!

Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s