Penyebab Penyakit Mata Ikan + Cara Mengobati dan Menghilangkan Mata Ikan di Telapak Kaki

Apakah pernah dengar istilah penyakit mata ikan? Tidak peduli apakah anda pernah mengalaminya atau tidak tapi sebaiknya anda membaca artikel tentang penyebab penyakit mata ikan plus cara mengobati dan menghilangkan mata ikan di telapak kaki karena bisa sangat menjengkelkan bila tidak segera diobati

Mudah-mudahan sekarang anda tidak sedang mengalaminya. Di sini saya mau berbagi bagaimana menyembuhkan mata ikan di kaki. Menurut yang sudah pernah mengalami “Sumpah gan sakit banget mata ikan itu apalagi kalo lagi jalan kaki apalagi maen bola..!!”

Pengenalan Penyakit Mata Ikan

Penyakit mata ikan atau disebut dengan Verruca Plantaris, Verruca merupakan hiperplasi epidermis akibat pertumbuhan epithel yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus tipe tertentu yang termasuk golongan Papova Virus.

Orang awam menyebutnya ”kutil” atau ”Warts”. Verruca memiliki beberapa nama berdasarkan lokasinya yaituVerruca Vulgaris (Common Warts)dengan predileksi khususnya di ekstremitas bagian ekstensor, Verruca Plantaris (Plantar Warts) dengan predileksi pada telapak kaki, Verruca Plana (Flat Warts) dengan predileksi pada muka dan leher, dan Condyloma Accuminata (Genital Warts).

Epidemiologi verruca tersebar kosmopolit dan transmisinya melalui kontak kulit maupun autoinokulasi. Menurut American Podiatric Medical Association (APMA), verruca plantaris sering didapatkan pada anak-anak dan remaja dengan usia 12-16 tahun.

Insidennya akan lebih tinggi lagi pada pengguna tempat mandi bersama (anak kost, anggota kebugaran) dengan frekuensi perempuan sedikit lebih banyak dari laki-laki.

Sesuai namanya, Verruca plantaris atau biasa disebut mata ikan adalah verruca yang terletak pada telapak kaki, terutama yang banyak mengalami penekanan.

Verrucajenis ini disebabkan oleh HPV tipe 1. Lokasi tersering pada telapak kaki yaitu pada area midmetatarsal. Didapatkan beberapa lesi sekaligus pada satu telapak kaki yang kadang-kadang bergerombol dan juga dapat berdiri sendiri-sendiri.

Ini penampakan penyakit mata ikan. Maaf ya bila gambarnya terlihat menjijikan. (⌣́_⌣̀)

Verruca Plantaris

Nah di bawah ini ulasan tentang mata ikan dan pengalaman orang yang telah menghilangkan mata ikan di telapak kakinya.

Tentang Mata Ikan

Mata ikan atau klavus merupakan penyakit yang sering terjadi dan di derita oleh banyak orang, baik pada pria maupun wanita. Timbulnya klavus terkadang berhubungan dengan beberapa penyakit lain, antara lain adanya gangguan saraf tepi akibat kencing manis (Diabetes), atau pada penderita arthritis rematoid (salah satu jenis rematik) menjadi tanda sudah ada perubahan sendi tulang-tulang kaki.

Penyebab Mata Ikan

Mata ikan disebabkan oleh kebersihan yang kurang terjaga, misalnya sepatu atau kaus kaki kurang bersih, lembab, atau jarng diganti, selain itu juga disebabkan oleh tekanan atau gesekan yang berlebihan yang terus menerus.

Cara Mengobati dan Menghilangkan Mata Ikan di Telapak kaki

Jika penyakit mata ikan tidak mengganggu biarkan saja, namun jika mengganggu pengobatannya adalah:

1. Operasi, hanya saja klavus akan tumbuh kembali jika faktor tekanannya tidak dihilangkan. Pada dasarnya, menghilangkan mata ikan dengan melakukan operasi kecil adalah cara cepat untuk menghilangkan rasa nyeri biaya operasi mata ikan rata-rata 200.000 saja. Karena dengan operasi kecil, akan mengeluarkan inti mata ikan atau eksisi total.

Namun, jika ingin mengangkat mata ikan tanpa operasi, dapat dicoba dengan

1. Mengoleskan salep keratolik pada mata ikan tersebut, atau

2. Memberikan obat-obat oles yang dapat menipiskan lapisan kulit yeng menebal yaitu obat yang mengandung urea, asam glikolat/malat/salisilat (kalo di apotik mereknya callusol). Saya pernah pake obat oles ini, kerjanya mengikis sel kulit mati sedikit2 hingga nanti mata ikannya keliatan akarnya sehingga bisa dicabut.

3. ROKOK (ya rokok), tapi berhubung lama saya dengar saran teman-teman disuruh pakai  panas rokok. Saya dekatkan nyala rokok ke mata ikan ane jarak 0,5 cm.

Panas sih tapi kerasa ada yang putus2 gtu di kaki, akar mata ikannya putus ternyata. Saya rutin sehari 3 x 5 menit menyundut rokok ke mata ikan. Dalam seminggu sembuh mata ikannya lepas dari kaki saya. Besarnya hampir kaya kacang kedelai.

Tips Pencegahan:

Untuk mencegah timbulnya mata ikan pada kaki, harus diperhatikan alas kaki yang dipakai selama ini, sudah nyaman atau terlalu sempit. Ganti kaus kaki secara rutin.

Ingat pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Pengalaman Operasi

Pengalaman seseorang yang melakukan operasi untuk mengangkat penyakit mata ikan ini:

Ini penyakit udah gw derita dari 4 bulan. Awalnya sih kecil, letaknya ada di sela-sela jari jempol sama jari sebelahnya. Pertama kayak kutil, rasanya sedikit ngeganggu krn posisinya pas banget kena kl gw make sendal jepit.

Lamban laut risi juga yah, gw udh mulai searching di internet, minta berbagi pengalaman sm temen yg udah pernah kena juga. Dan akhirnya gw mutusin untuk mengambil langkah membeli “Callusol”.

Itu sesudah 2 bulan yah, krn mata ikannya udh mulai membelah. Rajin deh aku tetesin. Lama2 bukannya bener malah makin ga jelas. Kakiku makin terkikis dagingnya. Lama-lama makin abis dan makin dalem. Rasanya udah ga karuan, apalagi pas abis bangun buat jalan. Udah ga tahan lah pokoknya.

mata ikan

mata ikan

Akhirnya karena gw udah ga tahan ngerasain sakit, gw putusin utk di operasi. Gw pikir sih cmn operasi biasalah cmn di angkat apa mungkin dilaser biar mati tuh mata ikannya.

Setelah konsultasi, dokter memutuskan untuk tindakan besoknya ga bisa saat itu juga. Karena gw harus tindakan bius total jadi wajib puasa 6 jam.

Dan akhirnya hari itupun tiba. Gw yang nota bene phobia bgt sama darah hrs masuk ruang operasi. Badan panas dingin, tp demi satu tujuan, berjalan dengan nyaman gw jabanin dah nih operasi.

Setelah melihat dokter beserta para assistenya menyuntik, menempel bbrp alat ke dadaku.. dan tiba2 ada yg membangunkanku, “mas udah selesai operasinya”. Mata masih berasa berat dan cmn ada sesuatu di tanganku yg tiap bbrp menit seperti memompa dan selang di hidung gw. Masih sedikit berasa tak percaya ternyata operasi itu sdh bener dilakukan.

Setelah dibawa kembali ke ruang ODC (one day care) suster memberi tahu hasil operasiku. Benar2 terkejut menyaksikan apa yg selama ini ada di kaki gw. Seperti daging sebesar jempol tangan. (ಠ_ರೃ) hik

penyakit mata kaki

Edunn ga tuh, yg udh bersemayam di kaki gw selama 4 bulan. Gw sih mengambil kesimpulan, krn mungkin udh telat yah alias udh terllau lama jd jaringan mata ikan itupun membesar. Kata orang yang selama ini mata ikan itu matanya mirip mata ikan segede bulir kacang ijo rasanya udh ga bisa diterima dengan apa yg gw alami.

Saat menulis ini, sudah 4 hari aku pasca operasi. kakiku msh diperban krn bolong setelah dibelek dan diangkat tuh mata ikan. Besok rencana aku mau kontrol sembari ganti perban.

Source 1
Source 2
Source 3

187 thoughts on “Penyebab Penyakit Mata Ikan + Cara Mengobati dan Menghilangkan Mata Ikan di Telapak Kaki

    • Saya baru sembuh dari penyakit yg menyebalkan ini, pengalaman saya..habis dikorek kulit yg tebalnya sampai agak dalam walaupun harus keluar darah langsung ditempelin kapas yg dibasahin kalpanax….ditutup pake handiplas jangan dibuka2 dan jangan sampai kena air selama 2 hari, ganti lagi kapasnya terus menerus yg dibasahin kalpanax..ingat hanya yg kena mata ikannya saja yg dikasih kapas plus kalpanax…karena kulitnya akan mengelupas dan akar mata ikannya ikutan kebawa…kalo belom berhasil coba terus…..

  1. Lebih baik di operasi saja.saya pakai salep malah tambah melebar.saya baru operasi 2 minggu lalu mata ikan di tlapak kaki.di pekirakan penyembuhan bisa 1 bulan lebih.tapi sekarang sdh mendingan.

  2. gan saya mata ikannya dikasih obat plester cina (semacam callusol) terus kulitnya kekikis dan ga timbul lagi jadi sy ga pakai lagi. tapi kok ga ada inti yg nebal itu ya gan? tapi tetep ada bekasnya. menurut agan ini dikasih obat lagi apa gimana? makasiih

  3. Saya ud pernah operasi, abis sejuta, sembuh mata ikannya saat itu juga, terus lukanya pulih setelah 2 bulan, tapi sekarang ada mata ikan baru di sebelah bekas operasinya, 2biji sekaligus (kanan kiri), kayanya karena selama abis operasi gak terjaga kebersihannya

    • Saya dulu pernah ada mata ikan di kaki. Saya coba operasi sendiri untuk mencongkelnya (jangan ditiru, lebih baik operasi dg ahlinya agar tdk menimbulkan bahaya lebih parah). Akhirnya mata ikan tsb berhasil keluar dg akar-akarnya tapi masih ada sedikit akar mata ikan di dalam kaki. Beberapa hari kemudian mata ikan tsb muncul lagi. Saya coba dg obat tetes callusol memang bisa membuat permukaan kulit terkelupas sedikit demi sedikit dan lama sekali. Sempat terpikir untuk melakukan operasi tapi Akhirnya coba cari informasi di internet, saya dpt info bahwa bawang putih, cairannya bisa menghilangkan mata kaki. Saya coba mencacah sedikit bawang putih hingga keluar cairannya,saya tambah irisan tipis bawang putih kemudian saya tempel pada mata ikan dg plester. Beberapa hari rutin saya lakukan karena ada kemajuan baik yg saya rasakan. Alhamdulillah ternyata mata ikannya hilang (saya lupa kira2 seminggu atau 2 minggu atau berapa hari ya). Jadi ga usah operasi, bekasnya hilang.

  4. Kalau saya di telapak kaki belakang, ke arah tumit. Karena mulai berasa sedikit sakitnya dari awal, gw kirain ada luka dalam akibat kesusuban duri, tapi lama nggak hilang2. Ngira2 aja klw ini mata ikan, akhirnya gw kasih salep dulu, kulit telapak kaki gw yg memang tebal, lantaran kerja sering jalan2 dan cuma pake sepatu sendal membuat pengikisan kulit jd agak lama. Akhirnya gw bantu kikis dikit2 dengan kater, lama2 mulai kelihatan kayak ada kawahnya diameter butir kacang ijo. Mungkin karena masih stadium awal, waktu irisan kesekian dari kater, darahnya mulai mengalir, cukup ngabisin kapas segenggam. Setelah itu terjadi seperti luka menganga biasa yg akhirnya mengering. Mungkin mata ikannya belum terbentuk. Saran saya: antisipasi kelainan lebih awal, lakukan pengobatan 3M dulu sebelum operasi.

  5. bro ane pernah kena ini penyakit di kaki kiri ane, awalny ane coba2 tempelin koyo cap salon*** rutin setiap setelah mandi sambil di tutup pke perban supaya gak lepas.. setelah beberapa hari sembuh.. gak tau itu bs ngebunuh tuh penyakit, alhmd sampe skrg gak muncul2 lagi tuh..

  6. ASTAGFIRULAH
    serem banget tuh gambar !!!
    ane udah seminggu ini ngerasain sakit di kaki kalo buat jalan tanpa alas. ketika diliat, ane kira cuman kapalan biasa karena kulitnya agak tebal (mirip seperti kapalan). tapi diliat-liat lebih dekat kok ada lubang ditengahnya (bentuknya seperti dilubangi jarum) udah gitu kalo ditekan terlalu maksa nambah sakit.
    mau tanya apa yg ini disebut mata ikan ya?? (maaf sebelumnya ane belom tahu/blm punya bayangan). kalo iya kira2 pengobatannya gimana? apa ikutin pake bawang putih/koyo/dicongkel sendiri?

      • Duh kaak kalo udah terlanjur gimana ya?soalnya d pikir jerawat atau apa gitu.. tp d telapak kaki jempol jadi kaya aneh giti,, niatnya mau d tunggu pecah tapi karna gemes greget juga jadicongkel pake potong kuku.. berdarah agak banyak tp ga sakit.. tapi ini juga masih ada kakk…

    • Pengalaman saya pakai bawang putih bisa dicincang/ditumbuk trus di tempel ke mata ikannnya…sakit sih,,serasa cekot2 gitu.Tapi Alhamdulillah beberapa hari kemudian mata ikan itu kering dan lama2 mengelupas sendiri

      • *aku ngikutin saran dari mbak Anggun Permatasari, karena sebenarnya mata ikanku itu udah aku periksakan ke dokter dan dioperasi tapi kok ya gak semuanya diangkat dan di sebelah yang dioperasi itu masih ada mata ikannya.Sempet kepikiran mau periksa ke dokter lain, tapi belum sempat karena kerjaan menggunung. Akhirnya berbekal pasrah dan do’a kepada Allah, nekat pakai bawang putih dan Alhamdulillah sembuh.Makasih sarannya mbak Anggun,, sekarang aku udah bisa jalan cepat gak digluk-digluk lagi :)

  7. bagi pengalaman aja ya,, awal tahun 2014 ini saya baru tau klo itu benjolan kecil di kaki saya mata ikan atau kutil, itupun setelah 3 bulan lebih saya alamin, dan ketauan pas 1 minggu lalu temen saya bilang itu mungkin kutil, katanya harus segera di obati biar gk membesar. awalnya hanya seperti jerawat atau apaya kata yg tepat, pokoknya kecil dan gk sakit, lama2 mungkin karena terus diinjak jadi sakit dan mulai membesar, dari sana saya mulai takut dan hawatir apalagi stelah teman saya bilang harus d obati. saya mulai ikut saran teman, saya pakai bawang putih di iris tipis tempelkan ke benjolan atau kutil lalu tutup dengan plester, harus rutin dilakukan. dan saya lakukan tiap malam mau tidur dan pas pagi hari , pas dibuka plesternya kutilnya bakalan jadi lembek. saya cabut kutilnya dengan gunting kuku yg sudah steril trus setelah tercabut sedikit2 juga gk apa2 asal rutih, klo saya ngeri dan ngilu jd gk berani cabut lebih dalam, pas dicabut pake gunting kuku keluar darah dikit kadang lumayan banyak tp gk sakit banget kok cuma ngiluu aja. alhamdulilah skrang saya sudah mendingan dan tahap penyembuhan. saya dapat saran ini juga dari teman yang sudah mengalami dan sudah sembuh total dan lukannya tidak berbekas. semoga bermanfaat dan bisa sembuh juga. aamiin

  8. aduuh gan kayanya sih ane kena itu juga tuhsoalnya minggu minggu ini baru mulai kerasa ngilu ketika aktivitas (taekwondo)
    pertamanya sih saya pernah coba ngorek ngorek sendiri gan wktu baru muncul dan nyari nyari “akar” yang agan” maksud tadi. tapi bukanya sumbuh malah melebar ..

    dan sekarang saya mau coba tips tipsnya yg di atas semoga sembuh tanpa perlu di oprasi .. amin :)

  9. Mw tanya niech..awalnya di bagian tumitq kyak ada titik htm gt..kalo ditekan agak skit..dikira kena duri..akhirnya coba diambil sm jarum..eee skr jd bolong..pa itu jg bs dinmakan mata ikan???untung bwt jln g skit..tapi ditekan agk keras y sakit..

  10. sy juga udah pernah dipojokan jempol kaki deket kuku, sakit buanget, apalagi pas dipakein sepatu, saakitnya minta ampun, kirain tuh kapal gt tp tengahnya kek ada isinya kalo dipencet sakit . eh ada temen yang liat pas berkutat ma tuh kaki, temen sy bilang itu mataikan, akhirnya nyaranin buat beli callusol, iya kulitnya jadi mati gt, mulailah sya kikis tuh pake potongan kuku tiap hari ampe berdarah darah gt, tp tetep tak kasih callcusol ampe agak kroak gt jempol kakiku, tp lama lama mata ikannya sedikit dmi sedikit abis dipotongin pake potongan kuku, dan akhirnya udah ga ada skrg, dan ga pengen lagi .pokonya kalo pake callcusol kudu bener bner rajin heheheeh

  11. mau tanya juga,,,,awalnya ditumit q kayak ada htm2 kecil gt kalo ditekan sakit,,,dikira kena duri akhirnya coba diambil,,,akhirnya skr berlubang,,,untungnya buat jalan g sakit kalo ditekan sakit,,,pa iku terkena mata ikan?????

  12. Aku mau tanya dong , emang mata ikan bisa menjalar yaa ? awalnya si cuma 1 terus lama lama mata ikan aku bnyak bgt di telapak kaki , dan rasanya itu sakit banget :'(

    • bisa mbk..dulu punya saya juga menjalar.Coba sarannya mbak Anggun pakai bawang putih aja mbak diiris trus ditempel ke mata ikannya.kerasa panas, perih, cokot2 tapi Alhamdulillah punya saya sembuh.

  13. aku pernah kena mata ikan tapi ngga sadar tau2 kerasa sakit gitu aja, ternyata emang mata ikan. awalnya disuruh di congkeli sendiri tapi ngga berani. akhirnya diobati pake callusol. alhamdulillah sih sembuh. tapi kok ngga berapa lama ni mata ikan muncul lagi sampe sekarang belum aku apa2in. baca yang katanya pada operasi kok ngeri sih, itu yang pake bawang putih serius bisa sembuh ngga ya? yang operasi masa sampe di bius total segala. ada saran ngga? makasih :)

  14. Aku punya kutilan/mata ikanan di bagian jempol kaki dan ibu jari kaki. Kata temanku bisa di obatin dengan mencampur sabun colek dengan kapur sirih lalu di oleskan pada si mata ikan 3 hari yang lalu aku coba itu alhasil setelah 2hari aku oleskan sabun colek+kapur sirih mata ikan/kutil di kakiku terlepas hingga akar”nya memang saat kita oleskan ke dua bahan tersebut terasa nyeri tapi alhamdulilah berhasil ilang sekarang tinggal tunggu lukaku sembuh saja…

  15. Jumat kemarin saya habis operasi mata ikan gan. Awalnya nginjek sesuatu,, kaya jarum gitu..didiemin lama lama berbentuk mata ikan.sakitnya luar biasa klo jalan,,,
    kesel, akhirnya dipotongin pake gunting kuku, lama kelamaan malah makin banyak dan menjalar,,, ada 4 mata ikan dikaki ,,, udah coba obatin pake calusol tapi ga sembuh juga,,, makanya langsung operasi. Dijahit sampai 4 jahitan,,,,,, smga cepet sembuh nih..
    Mata ikan yg dianggap sepele ternyata bahaya banget kalo ga diobati.

  16. dulu waktu SD pernah kena mata ikan di jari tengah kanan, suakitnya luar biasa. dikasih plester cina khusus buat mata ikan pertama kali kurang lama (cuma 2 hari) ternyata masih ada akarnya (merah2 kaya duri hehe)…terus tempel lagi 3 hari eh ilang total hehehe….

  17. kaya apa ciri2nya kalau akar mata ikannya udah kecabut..?
    cz aku punya mata ikan ditelapak kaki udh sering diakalin pake potong kuku tp rasanya mata ikannya gk ilang2..

      • ya karena takut jadiny saya pergi ke dokter,, dan dokter nyaranin diadakan operasi kecil buat ngilangin mata ikannya,,
        alhasil kaki saya dijahit buat nutup bekas sayatannya..

        jadi akar dari mata ikannya itu menjalar di dalam kulit..kalau kita coba buat nyabut sendiri kemungkinan msh ad yg tertinggal..
        jadi buat temn2 yg mempunyai penyakit ini sesegera mungkin diobati sebelum akar dr mata ikannya menjalar, sekalingus bwt ngurangin resiko yg lbh berbahaya..

  18. Saya punya trick mujarap… emang sih agak sakit :( dulu saya punya kutil parah…. panjanggan gan setengah Jari malah kalu di ukur..

    kalau berani yahh coba. tapi kalo gak yhh jangan..

    caranya begini.

    bahan dan alat:
    silet,plester,kapur tembok,sabun colek dan jeruk nipis.

    cara pakai.

    campurkan kapur tembok 1 sendok makan dan sabun colek setengah sendok makan bentuk adonan seperti bentuk kutil. terserah agan deh mau bentuknya gimana jangan lupa dikasi air jeruk nipis sedikit dari campurannya tadi.

    ini yang penting.

    buatlah cetakan plester lubang sehingga hanya kutil itu saja yang bisa masuk mmenutupi kutil agan.
    (kayak orang pake baju gitu contoh: kutil itu kepala bajunya itu plester) nanti di tutup lagi pake pllester
    gunanya biar kapur tadi tak merusak kulit lain.

    tahap berikutnya
    memulai ..

    silet Kutil agan -__- .!!! harus darahnya keluar.. biar luka kecil gak papa…

    makin besar yang di potong makin bagus.

    setelah darah keluar.

    tempelkanlah adonan tersebut ke kutil yang luka.
    dan tutup dengan Plester…

    biarkan terasa sakit.
    kutil tersebut akan menghijau..

    (pengalaman saya pribadi saya biarkan 6 jam) dan lumayan lah sakitnya
    setelah menghitam saya melepaskan plester tadi.

    dan apa yang terjadi Allhamdulilah.
    kutil saya lenyap. disolasi tadi saya melihat hanya ada Lendir..
    itu adalah kutil yg mleleh karna kapas kapur…. (bersihkan dengan Air cek kalau masih ada Ulangi lagi tahap tadi ) sampai benar2 bersih
    ini cara saya Gan.. dan saya tak bertanggung jawab kalau agan kesakitan…

    terima kasih semoga bermanfaat

  19. saya juga ada di telapak kaki,
    awalnya cuma 1,saya kasih callusol rutin tpi malah melebar dan tambah sakit,
    semakin lama semakin bnyak,
    gmana cara buat ngilanginnya tanpa operasi ?
    makasih

  20. kalo luka di jari jempol pojok kanan yg bengkak trus kalo dipencet sakit trus keluat nanah itu namanya mata ikan juga ya? Cara ngobatinnya gimana? Makasih

  21. Berguna banget ini buat saya, udah seminggu ini jempol kiri sakit dan berlubang, awalnya karena saya lakuin peeling kaki dan kulit nglupas selama 1 minggu, ttapi anehnya kulit jempol gak nglupas malah makin keras dikira kapalan tapi malah sakit, lubang sih kecil banget paling setitik jarum tapi lumayan ganggu.
    sore ini mau ke dokter kulit, mudah2an bisa sembuh deh

    Makasih yah

  22. Maaf, mau tanya…
    Di kaki saya juga ada mata ikan, dulu saya kira itu cacingan. Karena pas saya congkel pake jarum/pisau kecabut jaringan merah kayak cacing.
    Sudah 3 bulan berlalu.
    Dan saya kemarin ke dokter umum, sebenarnya berobat penyakit lain. Tapi karena tanggung sudah di dokter juga, jadi tanya masalah ini, dokter bilang kutil tersebut karena virus HPV, dan sarannya harus diangkat/operasi.
    Besok sore saya mau konsul lagi ke dokter kulit.
    Saya bingung, karena jadwal aktivitas yang nggak tentu. Kira-kira lama penyembuhannya berapa lama? Dan biaya operasinya berapa?
    Mohon sedianya dijawab, saya khawatir ini menyebar karena memang sudah berlarut lama sekali.
    Terimakasih.

    • Hamdallah, pagi ini saya telah menjalani operasi kecil. Setelah diambil, ternyata sudah sebesar koin. Cuma sakit pas disuntik bius, ya pada umumnya. Setelah itu ada bau terbakar dikit (pake laser kayaknya). Nggak berani noleh. Tadinya niatnya konsultasi dulu, ternyata biayanya hanya 250ribu dan kata dokternya masa penyembuhannya 1 minggu. Jadi langsung esekusi.
      Minta doanya agar cepat sembuh dan tidak kambuh lagi agar bisa menjalani rutinitas dengan tenang. Amin.
      Terimakasih infonya. :)

  23. Besok aq rencana oprsi k dktr,doanya y mg sembuh nih mata ikan nyiksa bangettt…g pgn cukil2 sdr,ngerihhhhh…

  24. Cha banyak yg beritahu ma aku..dengan cara dan bahan yg sama persis..ma dirimu,berarti tambah yakin aku..mungkn segera aku coba aku punya 4 clovus ditelapak kaki kanan dan satu ditelpk kaki kiri .dikanan bagian tumit dah 2 kali operasi tetap gak sembuh dan klovus itu sekarang berumur hampir 7 tahun dan 2 kali operasi…malas mau operasi lagi..skrg mau kupake caramu Cha..doain yah biar sembuh tuk selamanya..

  25. Saya pernah mengalami mata ikan di telapak kaki sampai 6 kali (semua ada di telapak kaki sebelah kanan), disembuhkan melalui operasi pengangkatan/pembedahan oleh dokter bedah maupun disolder/dipanasi pada lokasi mata ikan oleh dokter kulit.
    Selesai dioperasi, berulang terkena kembali, sampai bingung caranya bagaimana menghentikan penyakit ini. Akhirnya saya menemukan cara sederhana untuk mencegah terulangnya si mata ikan kembali lagi.
    Sepatu kerja saya yang saya pakai sehari-hari, saya beri alas kaki tambahan yang saya beli di toko sepatu olahraga (biasanya lebih empuk) atau kalau gak ada bisa beli alas kaki tambahan di toko bata. Supaya lebih nyaman memakai tambahan alas kaki agar tidak sempit, carilah sepatu yang lebih longgar bagian dalamnya, sehingga masih ada ruang untuk alas kaki tambahan. Begitu juga sandal, carilah sandal yang lebih empuk. Biasanya telapak kaki dari mantan penderita mata ikan lebih sensitif terhadap tekanan telapak kaki saat berpijak.
    Sampai saat ini setelah 11 tahun cara ini selalu saya lakukan, ternyata masih efektif. Mata ikan tidak pernah lagi singgah di telapak kaki saya.
    Selamat mencoba.

  26. dulu saya pernah kena dan ga sembuh2 pas kerja di pabrik tembaga..
    pas saya pakai kaus kaki tebal dan saya dobel tiap hari (kaki jadi sering keringetan) mata ikannya ilang sendiri tanpa diapa-apain (sebelumnya sempat saya kikis pakai cutter tiap hari ampe berdarah.. akhirnya nyerah)

    coba deh mungkin berhasil pada kalian yang masih kena (bikin bagian yang ada mata ikannya jadi keringetan terus)

  27. Alhamdulillah bgt ,aku bru smbuh dr mta ikan setlah skian lama penyakit itu brsarang.berbagai mcm cra,dri pke cra yg biasa smpe yg aneh2 .aku akhrnya nemu obt yg smple dan mrah.aku dpt saran dri om aku.
    Kata dia,minum aja amoxilin.
    Aku iseng2 beli diapotik,
    Hasilnya ………..
    WOW AMAZING.Aku beli satu lmbr amoxilin,smbuh .awalnya aku ngrasa aneh,tmbn kakiku g skt diajak jalan,stlah ku chek.subhanallah,ksbran, usaha dan doa tlah mengantrkanku akan kbrhslan menylmatkan dr mata ikan.penyembuhanya dari dalam,jd lbh manjur dripd dr luar.smga kalian smbuh jga y,

  28. Ntuh operasi nya sakit ndakk. ? Gue soalnya lagi kena mata ikan . Gue takut . Gue sih pake callusol tapi kek mau lepas gimana gitu . Terus gue punya bukan di telapak kaki , tapi di bwah mata kaki . Itu gmn gan?

  29. terima kasih temen2 atas info nya. ni istri saya kena penyakit itu juga,. mau saya coba penyembuhan paling mudah dan tak mengeluarkan biaya dari bawang putih dan selanjutnya. do’anya biar cepet sembuh sob

  30. Gan di jari jempol saya ada kayak kotoran gitu, warnanya item, trus bolong², tapi kalo di pencet gk sakit, bentuknya kecil, itu namanya apa ya?, thanks gan.
    Oh iya satu lagi di sela jari kelingking kaki saya ada benjolan gitu melendung lagi, kata ortu saya itu mata ikan, katanya kalo mau di ilangin harus di pecahin pake jarum yang di panasin, itu bener gk?, nama penyakitnya apa?,

  31. Gan ini saya masih kecil, umurnya 12 thun
    Nah ini yg saya rasakan itu kyk mata ikan, tapi gk ada bengkak terus benjol, dan ada kyk bolonganya ditengah, tpi kalo diteken” gk sakit dan ukurannya tidak membesar, itu mata ikan juga atau tidak yaa? Makasih banget yang jawab yaa :)

  32. Eeeh_ bener. Yaa. Aq juga punya mata ikan. Di, kaki. 2. Malah. Udah lebih. Dari 4 bulan ini maah. Sering. Aq, potongin. Kuliitt. Kapalan nyaa. Sampaii berdarah. Banyak. Bangeet. ƪ(°£° ƪ pun. Ga. Sembuh” sampe sekarang. (⌣̥̥́_⌣̥̥̥́) Ɨƚι̇ƙ(⌣̥̥́_⌣̥̥̥́) Ɨƚι̇ƙƨ̃..(⌣̥̥́_⌣̥̥̥́). Mungkin. Satu”. Ϟўª‎​ harus oprasi juga

  33. Saya udh brbuln2 jena mata ikan..sempet di bwa ke klinik tp cuma d ksh salep dn gk sembuh2 mlh skrng jd brtmbh bnyk..kalo operasi saya takut..ada solusi gk?

  34. saya baru oprasi tadi pagi gra2 ni penyakit,,, di karya medika 2, anjrit lumayan sakit pas bius lokal, ini udah 1th lebih ane tahan, puncakny skrg,habis biaya 1.3 jt..

  35. aduh, kalo saya udah coba pake callusol
    awal nya sembuh sih tapi aneh seminggu setelah sembuh dan bersih tak berbekas.
    nih penyakit kok malah kembali dan bawa temennya 2 pula lagi.
    nih sekarang lagi coba pake kapur sirih , kata sepupu saya sih dia pernah kena nih penyakit trus dia olesin kapur sirih dan sembuh.
    semoga saya juga bisa ngerasain hal yg sama.
    pertanyaan saya , berapakah mata ikan yg ada di kaki saya???

  36. Gan mau tanya,,, sya sepertinya kena penyakit mata ikan itu. ada benjolan kecil, cuma tidak kasar dan seperti ada gelembung air didalamnya (kulit tebal) dan terasa sakit jika dipencet, jika tidak dipencet malah merasa gatal… apa itu juga termasuk mata ikan ??

    sebelumnya saya cek ke dokter kulit, tanpa menyebut nama penyakitnya malah sidokter nyuruh langsung operasi… gimana gan ?? apa operasi kecil itu pasti dijahit ?? mohon balasan’a gan

  37. kira2 7 bulan lalu sya oprasi mata ikan di telapak tangan,,tapimata ikan itu malah semakin menyebar d telapak tangan sya…
    gmn solusinya?? sya merasa sedih karna mata ikan menyebar

    • dulu aku punya tiga, (di tgn ada 2 di kaki satu) ntah ga tau dulu aku ga pernah sholat lama banget.. trus setelah itu aku punya guru filasafat aku di auruh solat wudhu yg benar,alhamdulilah ini penyakit bisa hilang tanpa obat apapunn dan aku juga ga sadar kok tanfan ku waktu aku elus elus rasanya haluss ternyata hilan

  38. aduh macem macem ya solusinya, jadi bingung, aku sdah pake callusol selama 3 mggu, memang kulit yg mengeras jadi lembek, tapi blum ada keliatan hasil untuk membaik, rencana mau operasi tapi takut biaya mahal, mata ikan nya di jari kaki tengah, sudah 3 bulan dan sudah agak besar

  39. saya yg make rokok buat nyembuhin ini mata ikan
    dulu pernah kena di bagian kaki kanan dan nyembuhin nya pakek rokok. ini cara lumayan ekstrim. jadi caranya rokok panasin kulit sambil ngerokok santai aja hehe, terus di korek pake cutter dan gunting kuku. kalau udah misah kulit yg keras (rontok), tinggal cabut aja,
    banyak yg bilang balik lagi itu emang masalah belum selesai. selama masa penyembuhan baik kamar mandi maupun alas kaki harus bener2 dibersihkan karena penyakit ini basic nya berasal dari virus. ya mengatasi penyakit dan penyebabnya sekalian. kalau gak ya balik lagi

    sekarang lg ngetik plus ngerokok ini
    sambil manasin mata ikan. kena lagi gegara kamar mandi kostan yg baru kagak bersih -_______-

  40. emm, temen saya 2bulan yang lalu udah operasi mata ikan, tapi sekarang tumbuh lagi, malah jadi dua dikanan dan dikiri. sekarang katanya dicokel sendiri, udah keliatan akarnya, tapi krna dalem jadi ga langsung dicabut.. kira-kira harus digimanakan ya? :(

  41. share pengalaman bro,
    gua pernah kena mata ikan sekitar sma kelas 2an. Awalnya gua ga ngerti tuh mata ikan kayak gimana. mata ikannya saat itu masih kecil jadi gak kerasa gitu cuman kalo di teken kayak sakit dikit gitu di kaki(oh ya lokasi mata ikannya di samping kaki dalem ). hari demi hari semakin membesar mata ikannya. gua penasaran apa ini kayak kutil gini, kayak ada serabut2 kulit.jadi coba aku tusuk buat ngangkat tu serat2 pake peniti dan ternyata hasilnya cuman rasa sakit yang gua rasakan. hari demi hari mata ikannya membesar dan gua kayak ya pasrah gitu aja(soalnya ga terlalu ngganggu). sampe pada suatu hari sore2 gua bermain sepak bola sama anak2, biasa anak desa sepak bola dengan kaki telanjang. pas main sepak bola temen gua nendang kaki gua(lumayan keras gitu). gak ngerasain sakit tiba2 keluar darah dari kaki gua bro lumayan banyak gitu dan ternyata darah itu keluar dari mata ikanku. setelah gua amati bagian kaki yang kena mata ikan itu bolong bro. kayak ada yang keluar gitu kayak biji kacang ijo. akhirnya gua pulang trus ane bersihin ane kasi betadine udah.. dan alhamdulillah bekas mata ikannya nutup dengan sendirinya.. mata ikannya keluar gara2 ditendang temen anee whahaaaha. alhamdulillah gak sampe operasi2..

      • saya dulu juga sempat kena mata ikan, akibat nendang bola basket. kaki sobek,trus di cuci pake air keran.. eh besok nya malah timbul kaya kutil,, sampe 2 minggu ketika mau jalan sakit bangeut,, nnya ke org tua di kasih tau klo itu mata ikan
        trus sobek pake gunting kuku itu tonjolan mata ikan
        trus ngebakar gula aren di atas sendok pake api lilin
        udh lumer saya tetesin ke area mata ikan yg bolong pake gunting kuku
        pas gula aren udh mulai mengeras saya cabutin itu mata ikan,, kaya urat urat kecil
        sampe beberapa kali itu saya tetesin gula aren ke mata ikan
        alhamdulillah bisa ke cabut sampe bersih
        walaupun berdarah
        tp 2 hari lgsg kering luka nya

  42. caba pake “salep vapex”bli diapotek,,t.n sdh mencoba dan alhamdulillah mata ikan kabur,,tu salep dibeli di apotek,sbnrny obt inhaler,tp bisa sembuhin mata ikan.slmt mncobaa…

  43. Hmm, sekitar tahun 2012 saya mengalami hal yang sama. Mata ikannya ada di bagian bawah jari manis kaki sebelah kanan. Rasanya biasa aja, sampe saya diemin berbulan-bulan. Lama-lama risih juga. Disaranin pake direndem pake air anget dicampur garem nggak mempan juga. Akhirnya disaranin temen ke pantai, suruh gesek-gesekin bagian yang kena mata ikannya di pasir dengan kondisi air laut lagi anget. Saya jalan-jalanlah ke pantai (kebetulan waktu itu lagi di jogja dan pantai relatif dekat), dan beberapa hari kemudian, mata ikan saya hilang tanpa bekas! Hehehe. Sekian pengalaman saya.

  44. Saya mau tanya nih,, itu yg pake bawang putih klo ga d cetut pake gunting kuku bisa copot sendiri ga ya?? Saya ngeri klo harus nyetut2 gtu

  45. Ane baru sembuh dari mata ikan gan… lumayan gede dan ganggu banget di telapak kaki. Dulu pas googling dapet baca web inih dan sekarang habis berhasil mau share pengalaman aja.

    Ane dulu make calusol (bener g ya tulisannya) udah berbulan-bulan masih g nampak hasilnya. Mungkin cocokan jg kali ya gan… ane denger ada obat china tapi nyari toko begituan susah bingits. Terus udah mau operasi nih saking kesiannya ortu sama ane yang meringis2 sambil jalan. Pas itu, om ane bilang ada obat ampuh banget buat kutil. Ane tinggal di semarang, yang orang semarang dan pernah ke simpang lima pasti tau deh orang yang jualan minyak ular dsb pakek pengeras suara. Ane ke sana gan… soalnya om ame udah operasi 2 kali tapi mata ikan nggak ilang juga dan dia ke sana langsung cuss. Ane beli tuh minyak dr abangnya… getah praha gt tulisannya. Ane pake sebulan gitu rutin… mendadak mulai muncul akar dikit2 sampe akhirnya di mata ikannya berubah item kek borok. Habis itu ane kasih obat lagi, tutup perban lagi habis itu item2nya bisa dikelupas… terus bentuknya keras gitu… kaki ane bolong gan… tp kelihatan di bawah bongkahan itu dagingnya seger, daging sehat. Ternyata itu akar mata … dan sekarang kaki ane udah sehat. Alhamdulillah…

  46. Dihh makin takut ama mata ikan dah ,, sekarang ini ∂ï sebelah jempol kaki rasa Ϟƴ‎ά sakit kayak agak melendung yah itu sih mudah2’han ajah bukan mata ikan

  47. Beberapa bulan lalu ada mata ikan di jari manis kaki ane. Awalnya ane biarin aja, tapi lama kelamaan jadi risih.

    Pertama ane coba beli plester obat cina. Harganya 13 ribu isi 6 biji.
    Obat warna merah yang ada di plester ane ambil secukupnya, trus ane olesin ke mata ikan. Setelah itu ane tutup pake Hansaplast. Ganti dan tambah obat merahnya tiap sore/malem. Ane lakuin selama 3 hari.

    Setelah 3 hari, mata ikan jadi lembek dan kulit jadi gampang terkelupas (Kondisi kaki mirip seperti kaki melepuh yang melendung isinya air). Tinggal congkel mata ikannya, kelar.

    Tapi sayang sekarang mata ikannya tumbuh lagi :(
    Sekarang lagi coba pake bawang putih. Semoga kali ini bisa sembuh total…

  48. Saya dulu juga kena mata ikan dikaki kiri, sudah di operasi tapi entah kenapa numbuh lagi, rencana nya saya mau operasi lagi, tapi takut. sebaiknya gimana ya?

  49. Tidak ada yg lebih efektif selain menggunakan air keras… tidak sampe 5 menit kering sampai ke akar2nya tanpa rasa sakit sedikitpun… cukup oleskan menggunakan cotton bud, ini pengalaman ketika saya minta setetes dr tukang tambal panci atau alumunium keliling

  50. saya juga punya mata ikan sekarang lagi rutin pake callusol baru beberapa hari sih pakenya tpi belum keliatan juga akarnya, niatnya mau di oprasi tpi saya masih takut ,, kira2 brpa lama ya pke kalusol itu ?

  51. selepas baca pengalaman dari tiap komentarnya sedikitnya timbul rasa takut,
    ini aku ada benjolan ditelapak kaki, awalnya kecil dan cuma satu tapi lama-lama ko malah tambah banyak udah gitu ada serabut2 panjang item gitu,,udh coba periksa kedokter dan dokter menyarankan untuk menggunakan salep kalusol atau segerakan operasi,,masi belum beli salepnya dan belum siap juga untuk dioperasi akhirnya ini benjolan masi tetap didiemin aja,,padahal diapake jalan sudah mulai terasa sakitnya…duuuhh gimana yah? mohon pencerahan dan sarannya donk sist/Gan.

    Terima kasih.

    • oh iya gan ini pengalaman pribadi saya,, coba agan pakai plester cina,, diajmin ampuh,, saya pakai 3-4 hari sembuh kok gan. Awalny saya pakai calusol tp tidak ada bedanya gan

  52. Aku skrng lg nglamin pnyakit ini ,, bru konsult k dokter tdi pg trus dokter nyaranin pake cairan salep ..yaudah aku pakai ini aja smoga cpt smbuh aja deh ..

  53. Hallo semuanya :D Saya mau membagi sedikit cerita mengenai mata ikan ini. jadi 4 bulan yg lalu bagian sebelah dalam jempol kaki kanan saya ada mata ikannya. pertamanya gak ngeh itu mata ikan, karena saya mengira itu hanya melepuh biasa seperti terkena air panas dimana ada cairan bening didalamnya, karena saat itu saya memang berjalan kaki cuku jauh dengan sendal gunung tanpa kaus kaki. Sekitar 3 bulan kemudian saya heran kenapa kok gak mengecil atau kempes, dan makin hari makin sakit. Mulailah saya browsing2 dan baru sadar kalau saya terkena mata ikan. Karena saya tau salah satu pengobatannya dengan operasi, saya malas melakukannya jadi cari alternatif lain dan baca kalau cuka bisa digunakan buat mata ikan (dan beberapa bahan lain yg alami seperti air lemon, getah pepaya dan bawang putih). Akhirnyas aya olesin cuka beberapa hari di mata ikan saya (ada 2) setelah itu mata ikan yg paling besar mulai mengelupa kulit2nya akhirnya saya kompres pake air cuka seharian (beraktifitas ke kampus) perih nyut2 gitu rasanya dan seelah itu bagian kulit jadi melembek, jeleknya menggunakan cuka dapur yaitu bagian kulit lain yg tidak terkena mata ikan jadi ikut melembek. Setelah seminggu akhirnya saya melihat titik2 hitam seperti akar dan memberanikan diri mencabutnya sendiri dengan pinset dan alkohol. Setelah selesai masih terasa sakit, mungkin karena saya bukan profesional dalam hal ini hahaha. Seminggu kemudian bukannya sembuh malah timbul lagi ini mata ikan, akhirnyas aya bertanya ke teman saya yg seorang dokter dia menyarankan saya mengoleskan salep yg mengandung asam fucidat, akhirnyas aya belilah di apotek dan bukannya mengecil malah mata ikannya tambah banyak T^T setelah itu saya agak ngeri sendiri memikirkan kemungkinan karena mata ikan ini, takut dioperasi dan saya juga membaca blog ini saat itu, melihat2 apakah ada obat yg bisa digunakan selain operasi, tapi sampai akhir penelusuran di blog ini saya belum menemukan alternatif memuaskan lain selain operasi. Adik saya pernah juga terkena mata ikan ini, dia mengoleskan salep cina yg botolnya/bungkus salepnya warna hijau tapi saya tdk tau kondisi mata ikannya seperti apa.

    Saya kemudian mensearch blog mengenai mata ikan ini di blog luar, dan ternyata mereka sering bgt kena mata ikan :v setelah baca sampe berpuluh2 page akhirnya saya memutuskan bahwa saya harus mencoba menggunakan acv (apple cider vinegar). Jadi saya membeli acv atau cuka apple, saya oleskan tiap pagi dan sebelum tidur saya rendam kaki saya di acv, dan kuli2 dari mata ikan yg banyak itu mulai menipis tp yah gitu2 aja, karena mata ikannya melebar sampai bagian belakang jempol jadi klau jalan susah banget, udah gitu nyebar sampe jari kelingking. akhirnya saya baca2 lagi blog itu, beberapa orang yg terkena mata ikan memilih alternatif obat, jd mereka meminum obat ‘Desiccated Liver pills’ selama 6 bulan dan berhasil. Ada yang mix obat minum sama perlakuan langsung ke mata ikan. Ternyata setelah saya baca lagi paling berhasil menggunakan “Thyme Oil” jadi thyme oil ini memang sifatnya anti bakteri dan dia bekerja merangsang pertumbuhan mata ikan ini ke permukaan kulit dan mengeringkannya. lalu deh saya cari2 thyme oil di supermaket di kota saya tinggal dan gak nemu T^T akhirnya saya memutuskan bikin sendiri dengan mencampurkan thyme kering (yg ada di supermarket) dengan acv (karna sy gak punya alkohol 40%), karena hasilnya baru bisa dipake 2 atau 4 minggu lagi saya akhirnya pesen thyme oil ke ebbay. Saat itu saya bingung mau diapain ini mata ikan yg makin meluas dikaki akhirnya saya membersihkan semua sepatu, sendal hingga kaos kaki, lalu setiap pergi kemana2 membungkus mata ikan dengan plester agar tak terkontaminasi dan makin meluas, saya juga minum vitamin c dan spirulina sbg pembantu daya tahan tubuh (karena mata ikan bisa berasal dr virus). 2 minggu lalu saya ingat kalau saya punya Multi Argan oil 24 Enrich Dry oil, dry oil ini dari brand mizon, skincare dr korsel, sebenernya ini dry oil saya pake buat moisterizer kulit dan rambut. Saya iseng pakein minyak ini ke kaki kanan saya yg banyak mata ikannya, saya mikirnya nothing to lose lah soalnya untuk saat itu saya cuman bisa nungguin thyme oil aja, ternyata besoknya saya merasa kaki saya yg banyak mata ikannya itu udah g begitu sakit. Kalau dibawa jalan seperti biasa masih nyut2an tapi gak heboh gitu nyut2annya. Karena merasakan efek yg lebih baik saya pake terus setiap pagi dan mau tidur, kalau pagi habis dioles minya ini bbrp detik kemudian langsung saya kasih kasa dan diberi handiplast gitu biar gak kena2 air, kalau malam dikasih minyaknya agak banyak. Pas hari kelima mata ikan yg ukurannya gede2 mulai menghitam dan kering, mata ikan yg kecil2 (gak memperlihatkan hitam2 seperti akar dan tetap bening) juga tidak makin menyebar. Hari ke 7, kulit2 disekitar mata ikan yg kecil2 mengelupas, saya iseng mengelupasnya dengan pinset dan ternyata mata ikan yg kecil2 itu ikut tercabut, tercabutnya seperti bola2 kecil bening gitu =..=a akhirnya saya juga mulai mencongkel bagian mata ikan lain yg menghitam tp yg ukurannya kecil, ternyata bisa saya angkat dengan pinset dan akar2 mata ikannya benar2 mengering. Untuk yg berukuran besar waktu itu ata ikannya belum benar2 mengering sehingga saya sempat berhenti waktu itu ingin membersihkan mata ikannya hahaha. Dihari ke 10 saya merasa semua mata ikan yg tersisa sudah kering akhirnya saya bersihkan dengan pinset yg sudah diberi alkohol dan alhamdulillah semua mata ikan dikaki saya sudah bersih dan meninggalkan bekas seperti lubang di bagian jari2 kaki kanan saya T^T seenggaknya kaki ini sudah terbebas dari mata ikan. Saya tetap menggunakan dry oilnya dan saya oleskan dikaki untuk masa penyembuhan juga karena sisa2 bolong dari mata ikan. Kalau menurut saya untuk org yg terkena mata ikan pastinya harus menjaga kebersihan, jangan lupa minum vitamin dan menjaga daya tahan tubuh dan coba mengobati mata ikannya dengan thyme oil (dalam kasus saya saya pake Multi Argan oil 24 Enrich Dry oil). Maap jadi panjang dan curhat gini hehehe ^^v

    • kenapa harus minta maaf Arinrin. ^^

      Justru sebaliknya saya dan pembaca berterima kasih karena Arinrin sudah mw membagi waktunya untuk berbagi pengalaman…

      mudah2an apa yang dibagikan oleh Arinrin bisa bermanfaat bagi kita semua.

  54. gan ini pengalaman saya, saya terkena mata ikan sudah 3 bulan ,, rasanya kayak ada jarumnya, saya browsing-browsing ternyata disuruh pakai calusol dan plester cina,, saya coba pakai calusol selama seminggu tidak kunjung sembuh. Akhirnya minggu depannya saya coba pakai plester cina.. gila,, baru 3 hari tuh hilang mata ikannnya gan. ke angkat ikannya.. coba agan agan pakai plester cina

  55. gan apa disekitar mata ikan berwarna hitam? di telapak kaki saya ada benjolan kalo jalan sakit banget dan berdenyut denyut, tapi gak tau mata ikan apa bukan

  56. Halo, kemarin saya baru operasi mata ikan dengan dibius lokal aja. Kecil, dipegang kayak jerawat kecil, tp pas diangkat ternyata hampir segede kacang kedelai. Dijahit 3 jahitan. Posisinya pas di tengah2 telapak kaki jadi tiap jalan pasti ketarik/ketekan meski bertopang pada sisi depan/belakang/samping. Makanya ini tersiksa banget, ngilu banget, sampai nangis. Sampai kapan sih terasa ngilunya? Ketika jahitan dilepas apa otomatis sembuh total tanpa ngilu lagi?

    • ditutup aja ..pake plester plastik/ kedap udara…ganti 1x sehari langsung pasang lagu..jangan kasih udara/ nafas…akan mati dengan sendirinya beberapa hari …ane waktu itu 5hari ga sakit sm sekali

  57. eh sebenarnya udah lebih dari 3 bulan sih._. waktu lagi jalan tu kerasa banget sakitnya. gua kenanya di jempol kaki. tiap hari kalo lg jalan gua hrs ngangkat jempol kaki gua dan ngandalin daerah kaki gua selain jempol kaki. capek banget rasanya-_- kalo gua turunin jempol kaki gua, malah ke gesek dan rasanya duar-_- ga bebas banget. akhirnya gua cuma bisa berdiam diri di kamar, dan nunggu kapan jadwal operasi gua tiba-_-

  58. ..yg paling murah …bisa gratis ..ane pernah alamin nih penyakit..berobat dokter kantor.lupa namanya cuma kasih tau…itu tonjolan ato apalah jangan dikasih udara/ nafas …so ane disaranin diplester plastik/ kedap udara beberapa hari..alhamdulillah sembuh sampe akar2 nya tanpa sakit sm sekali

  59. Aku juga kayknya kena mata ikan deh ka:( telapak kaki sebelah kiri ada benjolan trus bolong2 gitu, udh dua kali saya cabut pake gunting kuku keluar darah lumayan banyak, tapi tumbuh lagi:'( awalnya sih gara2 aktivitas silat saya awalnya cuma melepuh karna lari siang bolong, gatau kalo sampe begini, saya takut oprasi ka gimana caranya ya?

  60. Aku udah pnya mta ikan dri klaz 1sd.
    Dlu wkt masih baru awal a coba d obatin tradisional sma ort ak. Tp gk berhasil.
    N akhir a Mata ikan ini saya biarin sampe usia sya kini 21th, kira* baik a d apain ya? Apa masih bisa pake obat*an gt? A tau harus operasi? Tp klo operasi sya takut klo bekas lubang itu Akan ttap membekas(berlubang). tp klo tidak d oprasi sya mrasa trganggu n kdang trasa sakit n merger as saat dingin

  61. dulu waktu SMA pernah mengalami hal ini di telapak kaki saya, karena saya tidak bisa diam selalu saya potong dengan silet hinggu berlubang kadang suka berdarah,

    penyembuhan tak terduga sama sekali :
    pada hari minggu saya cuci sepatu siang menjelang sore dengan sabun rinso akibat lupa pada pagi hari, malam senin itu saya potong lagi mata ikan tersebut hingga terlihat cekung dan berdarah, pada hari seninnya saya pergi sekolah dan pakai sepatu converse hitam putih yang masih basah tercampur rinso yang kurang bersih saat di bilas. di pakai seharian.

    ketika saya buka sepatu tersebut saat pulang sekolah, setelah di lihat lagi mata ikannya sudah tidak ada alias copot dengan sendirinya. mungkin akibat panas sabun rinso tersebut yang membuat mati penyakitnya. sampai sekarang penyakit itu tidak pernah datang lagi.

    semoga bermanfaat

    Regards

  62. Saya punya 4 mata ikan di kaki hampir 2 bulan lamanya saya diemin makin lama makin sakit dan gangu bgt akhir nya saya di anjurkan temen kakak saya pakai plester mata ikan , saya coba saya tempel 3 hari saya buka mata ikan nya ke angkat semua , dan skrang hilang ajaib , kalo ada yg mint bisa beli di saya hubungi saya di no ini 085743880083

  63. Gan beberapa minggu kemaren ane juga kena mata ikan nih gan. Ane udah baca baca di grup ini. Tapi belom mau meraktekin cara cara yang ada di sini wkwkwkkw(mungkin karna ane takut). Terus ane di saranin sama temen ane yang anak kuliahan kata dia “pake callusol aja”. Terus ane beli lah tuh si obat callusol yang unyu unyu. Ane pake beberapa hari emang nggak keliatan sih hasilnya. Tapi sembuh gan. Ane punya triknya. Jadi kalo agan agan make callusol kan kulitnya pada menebal tuh. Nah setiap menebal agan silet silet aja sampe hampir sakit. Nanti kalo udah hampir sakit agan kasih callusol lagi. (Inget ngasih callusolnya itu di kapas terus di plester di mata ikannya) tunggu sampai 1 hari kalauudah. Agan buka plesternya,lihat mata ikannya. Kalau sudah kering atasnya silet lagi gan kaya tadi sampe hampir sakit aja siletnya. Nanti kalo udah dalem pas pingin agan silet agan bakalan melihat di bawah mata ikan tersebut ada warna merahnya (mungkin darah) kalau udah begitu agan kasih aja callusol lagi sampai warna yang di bawah mata ikan tersebut menjadi warna putih (kalo menurut saya sih itu menjadi warna putih gara gara akarnya seperti mencair gitu) setelah berwarna putih langsung gan di sileeettt ajaaa. Sampe keluar cairan putih tersebut (cairan putihnya mirip nanah)lalu agan keluarin deh semua nanahnya sampe bersih. Kalau sudah bersih bekas mata ikannya terlihat bolong dan ada daging segar di bawahnya. Oh iya pas di silet nggak sakit kok. Itu nggak sakit karna yang di silet cuman kulit yang sudah mengering saja.

  64. Sekedar berbagi, Gw kemarin (27 des 15) baru aja abis operasi mata ikan, sebelum2nya pernah pakai callusol tapi hasilnya ya kulit menebal sampai kayak hilang mata ikannya, tapi numbuh terus, ya karna gedek jg dan mumpung libur akhir tahun, ane pilih operasi, ternyata kalo menurut ane sendiri solusinya ya coba ke dokter sih, drpd berlarut-larut, karna ane aja udh berbulan2 lama mendem nih penyakit mata ikan.

      • bener kata si agan nur.. kalo untuk kulit mata ikan yang udah terlanjur menebal seharusnya di siliet atau kater hinga menipis agar si cairan callusol bisa masuk smpai akar.. keren… dan pada intinya semua obat sama saja yang penting kita yakin dengan cara yang benar ‘:D

  65. Kok saya malah jadi menghitam, ya udah karna gatel saya garuk terus ehh tapi yg itemnya ngilang jadi semua saya garuk ilang dan ga gatel sih tapi kulit saya jadi bolong2

    • enggak bro gak sakit penting km pelan2 nyiletnya dan harus jeli .. km kater tipis2 saja trus kalo ud klihatan tipis dan rata km kasih callusol lagi nanti pasti si kulit kering lahi dan siap untuk di kater lagi .. begitu trus hingga si akar mata ikan ikut ter sayat… n fokusin ke bintik2 yang item smpek ilang semua…

  66. Gann,,saya udah kena mata ikan hampir 4 bulan awalnya sih kecil sekarang hanpir 2cm pada jari kaki,,sakit banget,,saya sih pengen nyoba pakek bawang putih semoga berhasil..aminnn

  67. Bang gua udh operasi katany mata ikan ny blm bisa di ambil,pas dihari Senin am Selasa gua kasih callusol pas bsk pagi ny kaki gua sakit bngt trss ny mlm ini saya dioperasi kta dokter ny mlm Jum’at dtng lagi dn dilihat mataikanny sudah terlihat blm dn dioperasi dua kali😭😭😭

  68. Salam kenal semuanya..
    Hanya ingin berbagi pengalaman..
    4thn yg lalu saya pernah operasi jg..
    Tp hasilnya bagus mungkn karena terjaga kebershannya..
    Dan dokter menyarankan..
    Jika jadi lagi katanya pakai daun mangkuk aja di ancurin lalu ditaro di bagian mata ikan tersebut dan ditutup oleh hansaplast..
    Nanti lama-lama akan mengering..

  69. Itu udh parah banget ya..dulu aku pernah baru muncul di tlapak kaki, br berlubang kecil dan ada bintik2 hitamnya langsung di kasi salep pikang shuang aja.. seminggu kulitnya klupas sendiri trus ilaang …

  70. Saya juga pas banget habis mengalami hal yang sama. Mata ikan di telapak kaki. Sudah ke dokter umum dan pakai callusol masih belum berhasil selama dua bulan. Katanya kalau selama pengobatan disarankan tidak banyak jalan. Tapi karena tuntutan pekerjaan nggak bisa juga.

    Habis lebaran dan nunggu dokternya cuti, akhirnya dioperasi lokal. Hasilnya sama deh, akarnya dicabut udah segede jempol hiks :(

  71. Saya tiwi tingga di Lampung baru 1 minggu ini saya ngerasa di bawah jempol kaki saya itu menebal trus ada putih2nya trus sakit lagi . Boleh tanya gak, apa ini yang dimaksud mata ikan ?? Tolong dijawab ya saya takut soalnya

  72. duh saya baru mau operasi mata ikan besok. mata ikan kasus saya ini aneh bgt.. awalnya cuma satu gede di telapak. tp beberapa bulan kemudian tumbuh banyak super banyak di kaki dan tangan jugaa.. di satu jari bisa 2-3 kecil2 dan tumbuh awalnya kaya titik air kecil gitu.. di telapak kaki udah gatau jumlahnya berapa.. belasan bahkan lebih super kecil kecil tp terasa..
    saya bingung. saya takut abis dioperasi tetep tumbuh atau makin banyak..
    waktu itu kasus anda gmn ya? apa abis operasi tumbuh lagi atau…?

    sumpah takut dan super panik…..

  73. kalau mata ikan yg sudah menghitam dan udah rata dengan kaki (tidak ada benjolan lagi) itu kondisinya gimana ya? parah/engga? pengobatan buat mata ikan yg seperti itu gmn? trims.

  74. kalo punya saya bewarna hitam dan teksturnya lembut kalo dipencet tidak sakit … apakah itu artinya punya saya sudah mau sembuh?

    • Sepertinya bukan itu gan….karena mata ikan itu teksturnya keras.. ….seperti punya ane waktu masi sma…..mulanya kecil keras kyak ada bintik2 akar gitu dan lama kelamaan membesar *cuma sebesar nasi….karena sakit dan suka eksperimen sama yg anek kya gitu akhirnya tiap hari ane guntingin kuku tuh kutil tapi klo potongan sebelumnya ga sakit lagi….kadang juga ane panasin tuh kutil d atas semen yg kejemur matahari biasa ane d lapangan outdor…..dan akhirnya sekian minggu menunggu suatu malam selesai mandi ane cek lagi tu kutil….gue pegang terus congkel2 uda ga sakit…dan ternyata gwe congkel lagi keluar sendiri tuh kutil sebesar kepala pentul yang meninggalkan bekas berlubang di kaki bagian jari tengah….akhirnya penderitaan cukup sampai di situ ….dan tanpa di sadari bekas lubang itu pun hilang dengan sendirinya…..menurut ane gan mungkin setiap mata ikan pada setiap orang itu berbeda ukuran dan kuat tidaknya penyakit tersebut menempel jadi pengobatan setiap orng bsa jadi todaklah sama…maka alangkah baiknya dikonsultasikan kepada dokter ahli kulit yg akan menanganinya, jika blm mampu boleh2 saja pakai yg sederhana saja yg penting usaha kita semua….trims

  75. Ane kena mata ikan ternyata awalnya jari terasa sakit buat napak ane lihat jari kaki bolong kecil ada serabut2nya titik2 hitam sekelilingnya kulit jadi tebal ternyata titik2 hitam di lubang jari ane bisa di cabut langsung keluar darah yg bikin jengkel titik2 hitamnya gk cuma satu lg nyari obat yg manjur tanpa operasi perlu di coba komentar obat2 di atas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s