Jalan-Jalan Melihat Museum Doraemon di Jepang [Foto]

Siapa sih yang tidak tahu tentang Doraemon? Doraemon adalah salah satu manga / anime legendaris yang menceritakan kehidupan sehari-hari seorang anak kecil yang kedatangan robot dari masa depan dengan membawa berbagai peralatan canggih.

Di sini saya tidak akan membahas tentang cerita Doraemon lebih jauh, tapi di sini saya ingin mengajak anda jalan-jalan ke museum. Tapi bukan museum seperti biasa, tapi museum Doraemon. Ada apa saja di dalam museum ini? Yuk mari kita lihat.

“Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini, ingin itu, banyak sekali…”

Familiar dengan lagu di atas? Mungkin anda sama seperti saya, tumbuh dan besar dengan cerita-cerita Doraemon, yang memungkinkan daya khayal kita tumbuh tinggi tanpa batas.

Zaman saya kecil, komik Doraemon itu salah satu bacaan favorit selain rajin menonton film kartunnya di televisi. Sampai sekarang pun rasanya saya masih menikmati cerita-cerita Doraemon terutama seri Doraemon Petualangan.

Hanya di seri Doraemon Petualangan, Nobita tiba-tiba menjadi keren dan berubah jadi sosok pahlawan! Saya pun sering berandai-andai, jika saja pintu ke mana saja itu nyata, alangkah menyenangkan. Tinggal sebut mau ke mana, dalam sekejap mata bisa sampai. Ah, Doraemon…

Museum Fujiko F. Fujio

museum fujiko f fujio

Museum Fujiko F. Fujio yang juga dikenal sebagai Museum Doraemon berada di Kawasaki City . Kebetulan letaknya juga tidak terlalu jauh dari Tokyo. Sudah tersedia shuttle bus khusus yang dengan mudah diakses di stasiun setempat.

Perlu diingat tiket masuknya tidak dijual langsung di museum hanya dijual di Lawson yang ada di Jepang, sesampainya di Jepang sebaiknya langsung menuju Lawson terdekat untuk pemesanan tiket, agar tidak kehabisan.

Pihak museum membatasi jumlah tiket setiap jamnya untuk memberikan kenyamanan terhadap pengunjungnya. Karena minat wisatawan yang tinggi, disarankan memilih untuk berkunjung pada weekdays (note: setiap hari Selasa museum ini tutup). Harga tiketnya 1000 Yen (kurs: Rp. 116) / Rp. 116.000 per orang.

Museum ini merupakan sebuah wujud penghormatan terhadap Profesor Fujiko F. Fujio, manga artis yang melahirkan salah satu tokoh yang paling dicintai semua orang di seluruh dunia: Doraemon!

Kenapa dibangun di Kawasaki-City, karena di kota inilah semasa hidupnya beliau banyak menelurkan karya-karya terbaiknya seperti P-Man, Doraemon, dll.

Peta Untuk Menuju Museum Doraemon

peta

Tempat ini cukup mudah dicapai dari Tokyo — ambil jurusan kereta ke stasiun Noborito, dan tinggal naik shuttle bus khusus yang siaga di depan stasiun dengan tarif 200 Yen (kurs:Rp. 116) / Rp. 23.200 sekali jalan.

Saran saya, jika ada kesempatan mengunjungi Museum Fujiko F Fujio, lebih baik berjalan kaki saja dari stasiun hingga ke museumnya, karena akan banyak hal yang menarik sepanjang jalan menuju museum. Toh lokasi museum tidak terlalu jauh dari stasiun. Sejak turun dari Stasiun JR Noborito sudah dihibur oleh Doraemon mini yang tersenyum. Nah? Apa saja yang bisa ditemui di sepanjang perjalanan menuju Museum Fujiko F Fujio?

doraemon

Doraemon yang tersenyum manis ini bisa langsung terlihat sejak keluar dari Stasiun JR Noborito. Patung doraemon ini juga bisa digunakan sebagai penanda kalau sudah keluar dari pintu stasiun yang benar.

jembatan doraemon

Lihat apa yang saya temukan? Siapa yang terlihat seperti sedang berlari ini? Ada yang tahukah teman – teman semua dia itu siapa?

jalan ke museum

Jalan menuju ke museum. Di tengah jalan bertemu sepasang remaja yang juga menuju museum Doraemon, mengingatkan saya akan Nobita dan Shizuka.

doraemon dan teman-teman

Kalau enam karakter yang sedang berlari ini tentu sudah pada tahu dong? siapa mereka?

Masuk ke dalam Museum Fujiko F. Fujio

Penampakan Museum Fujiko F. Fujio

Sudah sampai di depan Museum Fujiko F. Fujio. Tampak depan museum yang modern.

antri di depan museum

Waktunya antri untuk masuk ke dalam museum sesuai waktu yang telah tertera di tiket. Untuk masuk kedalam museum, hanya ada 4 jadwal saja dalam sehari, yaitu pada jam 10:00, 12:00, 14:00, 16:00 waktu Jepang. Alasan mereka adalah untuk memaksimalkan pengunjung dalam menikmati karya Fujiko F Fujio sensei di dalam museum.

Hal yang harus diperhatikan

Sebelum masuk ke area museum, kita akan dibekali dengan pemandu audio elektronik dengan pilihan bahasa Jepang atau bahasa Inggris. Oh iya, tidak diperbolehkan membawa makanan, minuman. Demi melindungi karya-karya Fujiko F. Fujio, museumnya sendiri menerapkan peraturan tidak boleh mengambil foto di tempat yang sudah ditentukan, seperti main hall. Kalau tidak salah, konon lampu blitz cukup berpengaruh pada kondisi kertas.

Mereka memang sangat hati-hati sekali menjaga beberapa sketsa asli yang dipajang, bahkan lighting di dalam museum sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak merusak/ mempengaruhi keasaman kertas.

Selain diberi audio guide mengenai perjalanan hidup Prof Fujiko F. Fujio sebagai manga artist, kita juga dapat melihat replika ruang kerjanya serta beberapa insight dan trivia mengenai proses pembuatan karya-karyanya.

Mungkin orang-orang yang berkunjung ke museum ini sebelumnya lebih mengenal sosok ‘Doraemon’, namun setelah mengikuti audio guide ini dijamin akan semakin mengagumi sosok mastermind di baliknya, Prof. Fujiko F. Fujio. Salut juga untuk Jepang yang mampu menghargai profesi manga artist sebagai ‘aset negara’ di bidang kreatif.

Museum ini sendiri memiliki 3 lantai yang mana 2 lantai pertama merupakan ruang pamer dan lantai yang paling atas ialah ruangan terbuka yang dilengkapi dengan kafe dan restoran.

Tempat yang diperbolehkan untuk foto-foto adalah Reading Room – perpustakaan yang isinya semua komik karya Prof. Fujiko F. Fujio, (sayangnya berbahasa Jepang ) yang disatukan dengan ruang bermain. Tidak boleh dilewatkan juga berfoto dengan patung-patung yang ada di taman lantai atas: Doraemon, Pintu Kemana Saja, dll.

Depan Museum

miniatur doraemon, nobita, dan giant

Di depan museum kita udah disambut mainan miniatur Doraemon dan kawan-kawan

Suneo dan Shizuka

Suneo dan Shizuka

pisuke

Kalau yang ini adalah karakter si mangaka Fujiko F Fujio dengan salah satu karakter dinosaurus di Doraemon Petualangan : Doraemon dan dinosaurus Nobita, nama dinosaurusnya Pisuke.

Play Ground

pisuke, nobita, dan doraemon

Patung Doraemon, Nobita dan Piisuke.

lapangan

Lapangan bermain yang biasa digunakan karakter-karakter di Doraemon.

doraemon di lapangan

Lucu yah Doraemonnya

dorami

Dorami, adik Doraemon

pintu ke mana saja

Pintu Ke Mana Saja

pintu-ke-mana-saja

p-man

P-Man

Lounge Room

lounge room

Lounge room lumayan luas untuk dinikmati atau untuk sekedar beristirahat saja.

reading room

Oh iyaa, yang kebetulan berkesempatan mengunjungi museum doraemon, boleh juga loh ikut membaca komik karangan Fujiko F Fujio di ruangan ini

manga doraemon

Cumaaan… ya gitu, semua komiknya berbahasa jepang hehee… harus bisa baca tulisan berbahasa jepang yaa!

doraemon complete series

Komik Doraemon lengkap banget disini!

dorayaki

Dorayakiii…

bioskop doraemon

Di lounge room juga terdapat akses menuju bioskop mini yang memutar film tentang karakter buatan komikus Fujiko F Fujio, yang tidak bisa ditemukan di belahan dunia manapun, kecuali di Museum Fujiko F Fujio ini.

kantong ajaib

Atau anda bisa juga bermain main dengan kantong ajaib doraemon yang ada di mesin interaktif berlayar sentuh ini..

Gashapon

Atau mau mencoba gacha – gacha (Gashapon) Doraemon ini? 200 Yen sekali mencoba ?

Kafetaria Museum

Gian Soft Cream

Tertarik mencoba “Gian Soft Cream”?

makanan di museum doraemon

Wahh makanannya juga bentuknya Doraemon..

kopi latte

Hmmm… latte dengan dihiasi seni karakter Doraemon, P-Man dll

dorayaki

Dorayaki

Tempat Souvenir

aksesoris doraemon

Inilah ruangan untuk berburu pernak – pernik lucu yang ada karakter Doraemon di museum Fujiko F Fujio

Cinderamata Doraemon

Cinderamata Doraemon

Studio Tempat Fujiko F. Fujio Membuat Doraemon

manga studio

Tempat favorit Fujiko F. Fujio ketika membuat manga doraemon

manga original doraemon

Karya original dari Fujiko F. Fujio

rak buku

Rak buku

original manga doraemon

Ruang tempat menampilkan hasil karya original dari Fujiko F. Fujio

Untuk pulangnya baru kita naik bus, bus nya super duper lucu !

museum bus

kawasaki city bus

Ini dia Bus nya yang akan membawa penumpang ke Museum Fujiko F. Fujio dan juga kembali ke Stasiun Noborito

bus doraemon

Suasana dunia Doraemon juga terasa di dalamnya

interior dalam bus

Interior di dalam bus juga dihiasi penuh oleh ornamen Doraemon.

baling baling bambu

Baling-baling bambu

nostalgia dengan doraemon

Bernostalgia dengan semua cerita-cerita Doraemon yang dulu sering menemani kita. Menghidupkan kembali mimpi-mimpi semasa kecil dulu. Doraemon merupakan anime terkenal dan abadi.

Bila anda ke Jepang, jangan lupa untuk mengunjungi museum Fujiko F. Fujio ini ya.. :)

Source1
Source2

6 thoughts on “Jalan-Jalan Melihat Museum Doraemon di Jepang [Foto]

  1. Halo, boleh tau kamu pake rekanan paket tour mana ya? (Cth: Panorama tour, Dwidaya tour, dll) bisa minta info lengkapnya? Dan skrg disana 1 Yen berapa rupiah ya? Makaciiyyy

  2. Halo mba..mau tnya. Di web nya kan tertulis ‘masuk not later than 30 minutes within entrance time’. Itu mksdnya misal kita ambil jadwal jam 12; kita harus di sana jam 11.30 atau jam 12.30 masih boleh masuk? Trims utk bantuan jwbnya. Biar ga telat . Hehe. Btw walking dr stasiun ke museum brp menit ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s