4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Dan Micro SD Rusak

Sebenarnya bagaimana sih memperbaiki flashdisk rusak dan micro SD yang rusak? Tidak bisa dipungkiri, aaman sekarang semua memakai Micro SD atau flashdisk untuk menyimpan data. Tidak seperti zaman dulu menggunakan disket untuk menyimpan data, anda sekarang bisa mendapatkan kapasitas yang besar  dengan beraneka macam merek.

Tidak bisa dipungkiri bahwa anda tidak bisa lepas dari yang namanya Micro SD atau flashdisk bila berurusan dengan data.

Nah yang jadi masalah adalah bagaimana bila flashdisk atau micro SD yang sering anda gunakan rusak? Berikut 4 cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki flashdisk rusak dan micro SD rusak. Yuk dipelajari.

Pernah mengalami kerusakan memory card atau flash disk, seperti memory corrupt, tidak bisa di format bahkan tidak terbaca? Berikut ini beberapa tips dan solusi untuk memperbaiki memory card yang rusak (corrupt), tidak bisa di format, tidak terdeteksi serta mengembalikan data (Recovery).

Alat yang dibutuhkan

  • Komputer PC/laptop windows OS
  • Micro SD/Flash Disk yang rusak
  • Card Rider/kabel data

Cara 1 – Mengembalikan data (Recovery data) pada micro SD/flash disk.

 

Bila anda semua mengalami micro SD atau flash disk tiba-tiba corrupt dan minta di format jangan langsung terburu-buru untuk di format tapi selamatkan data-data penting terlebih dahulu.

Data agan semua pasti akan kembali bila mengikuti cara 1 ini dengan syarat memory belum di format pada saat corrupt. Tetapi bila sudah terlanjut diformat kemungkinan besar data-data agan akan kembali 50% hanya file yang berextensi dokument,zip, gambar,video.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh software iCare data recovery.

2. Install (dalam koneksi internet mati), pilih register untuk memasukan serial number .

3. Di aplikasi iCare ini terdapat 4 menu dengan fitur masing-masing yang sama, pilih “Format Recovery“.

iCare

4. Tunggu hingga selesai searching semua data agan di memory.

Jika sudah, centang semua data yang ingin anda ingin selamatkan/kembalikan pilih “Save Files”.

Cara 2 – Memperbaiki flash disk atau memory card yang tidak bisa di format, berikut solusinya

 

1. Colokan flash disk/micro SD

2. Klik tombol di keyboard windows+R

3. Lalu Ketik “compmgmt.msc” klik OK.

4. Pada bagian Storage, klik Disk Management.

compmgmt

5. Kemudian klik kanan di drive nama flshdisk yg kamu miliki, lalu pilih Create Partition.

6. Klik kanan lagi , lalu kamu pilih Format.

format flashdisk rusak

7. Selesai

Alternatif software bisa menggunakan aplikasi repair format flash drive untuk flash disk, dan untuk micro SD bisa menggunakan software MMC memory card format . atau bisa juga menggunakan software mini partition wizard.

Cara 3 – Memperbaiki flash disk/memory card yang tidak terbaca.

 

1. Periksa status drive di komputer

status drive

2. Perhatikan bahwa tidak terdapat drive “E:”atau drive tambahan ketika kamu mencolokkan flashdisk ke komputer.

3. Klik tombol di keyboard windows+R

4. Lalu Ketik “compmgmt.msc” klik OK.

compmgmt.msc

5. Pada bagian Storage, klik Disk Management.

disk management

6. Perhatikan bahwa terdapat drive dengan nama “WD_Backup” tetapi tidak memiiki tanda huruf drive. Drive inilah yang nantinya perlu untuk kita tetapkan hurufnya.

7. Klik kanan pada panel drive yang tidak memiliki huruf drive tadi. Kemudian pilih”Change Drive Letter and Paths”.

disk management

8. Klik “Add” kemudian pilih huruf drive dari daftar huruf yang tersedia (jangan menggunakan huruf “A”, “B” atau “C”, tetapi gunakan huruf lainnya yang masih tersedia/belum terpakai). Kemudian klik”OK”.

drive

9. Kembali ke panel Disk Management jika telah selesai menambahan huruf pada drive yang kamu pilih.

disk-management

10. Kemudian buka “My Computer” dan lihat bahwa drive tadi sudah terlihat

my computer

11. Selesai

Jika cara memperbaiki flashdisk di atas tidak bisa dan tidak terbaca besar kemungkinan flash disk/micro sd card anda mengalami kerusakan di hardware dan memang waktunya anda harus membeli baru.

Cara 4 – Format Memory Card Dengan SD Formatter

 

1. Unduh software SD Formatter dan install.

SD Formatter

2. Pilih lokasi micro sd /flash disk yang ingin di format, selesai.

Semoga tips di atas bisa berguna bagi anda. Selamat mencoba.

Source

57 thoughts on “4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Dan Micro SD Rusak

  1. gan, cara ngembaliin kapasitas flashdisk gimana?
    isinya 16gb terus waktu di colokin ke port usb malah minta di format kalau mau ngebuka isi flashdisk, terus setelah di format kapasitasnya malah jadi 4mb. comment please

  2. gan.. tips no.3 micro sdnya masi bisa di baca di hp ga?

    punya ane di hp ga kebaca juga di hp.. maksi gan.. :(

  3. Gan kalo meori saya tidak bisa di isi lagu atu vidio itu gimana. padahal memory 3 gb. tulisanya Format tidak di dukung..

    dan kalo di isi foto kalo udah 1 jam hilang.

  4. Gan micro sd saya ga kebaca di handphone sma di com. Mau coba yg diatas tpi percuma micro sdnya tdk terdeteksi. Jdi gmna gan?

  5. Gan Bagaimana kalok pesannya seperti ini setelah mencoba cara yang ke 4″The memory card is write protected. please release the write protected switch”, mohon bantuannya gan, memorycardnya penting banget gAn,, terimakasih :)

  6. ada tips untuk memperbaiki hdd sata / pata yg tdk terdeteksi dan selalu di awali dng minta format pdhl sdh terisi OS dan data2 ?

  7. flashdisk yg dicolokkan ke usb drive tidak terbaca disebabkan karena apa ya? apa dengan cara no 3 data bisa seluruh ketarik lagi? trims

  8. Gan kalo flashdisknya ga bisa di buka karena muncul tulisan untuk format, namun setelah saya format pake cara yang ke 4 muncul tulisan “the memory card is write_protected.please realese the write protect switch.” Itu bagaimana mengatasi nya ya, syukron

  9. Bisa untuk recovery data dari Hard Disk 1 TB g? Atw software di atas khusus Flasdisk dan Memory Card aj yg kapasitasx g terlalu besar?

  10. gan, punya ane filenya gak bisa di tambah di hapus atau di format, . pernah pake hp pun gak bisa., trus pake sd formater tulisannya ″The memory card is write protected. please release the write protected switch”, padahal ane kgak pake adapter.. tapi masih kebaca di hp/kompi

  11. gan makasih infonya sangat bermanfaat :) tapi ini saya masih bingung, saya udah nyobain yang merecovery itu tapi pas di save emang ada sih datanya. tapi ga bisa dibuka, itu gimana ya gan?

  12. Kan tulisannya kayaknya sumber dari lain deh. IMHO.WD BackUp itu karena si agan ini nyobain HD WD yang nggak kedetek. Kalau microSD, SDCard, UFD, ya tergantung nama. Yang punya blog kali aja sibuk apa lelah gitu. Gak sempat balas :)

  13. gan, micro sd ku ketika udah aku format datanya balik lagi gan.. mungkin virus kali ya.. tapi ketika aku format lagi tetep balik lagi gatanya.. ane ngeformat lewat komputer micro sd nya aku hubungin lewat kabel daata HP
    mohon bantuanya gan. .

  14. Sebelumnya terima kasih tipsnya sangat membantu, memory micro sd saya gak bisa dibaca di hp maupun di computer saya sudah coba cara 3 tapi ada kendala ditahap ke 8, saya tidak bisa mengklik di bagian ‘assign the following drive letter’ bagian yg tersedia hanya pada ‘mount in the following empty NTFS folder’ jadi saya tidak bisa memilih huruf yg tersedia, mohon solusinya :’)

    • Kak plis tolong jawab abis aja aku mau move foto2 di memo SLR uda kepindah sedikit eh kok tiba2 mau ke format gt aja si gmn ngatasinya

  15. mhon bntuannya.aq kn sedang maen game online tiba2 kluar sndri trz ada tlisan tiba2 sd trlepas.aq lgsg restart tp ttep ja ada icon mmc brtnda (!).dah aq lepas pasang lg jg,ttep gt.aq brsihkn jg ttap gk bsa.lgsg aq kwarnet q pasang ke pc.ada sih tlisan removeble ‘g’..tp saat di klik ada perintah di format.aq dah format br x x tp ttep gk bsa eror mulu.anehny saat menu propertis kapasitas mmc 0mb trsedia jg 0mb.bkan mslah gnti mmc lg tp yg aq syg’kn data2ny.kn kalo bs diformat seenggakny bs di recovery sbgian datany.mhon dblz.pntg bgt.mkcih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s