Telinga Masuk Air Setelah Berenang? Ini Dia Solusinya

Berenang adalah aktivitas menyenangkan, tetapi yang merepotkan bila ketika berenang air masuk ke telinga. Ketika telinga masuk air, apa yang akan anda lakukan? Ketika kejadian itu menimpa saya, lalu saya melakukan lompat-lompat pendek tetap saja telinga saya belum bebas dari air. Tidak hanya itu dulu ketika saya mandi, tanpa sengaja telinga saya masuk air. 

Pernah mengalami kejadian serupa? Nah ini nih solusi sederhana dan murah untuk menghadapi persoalan telinga masuk air.

Pada saat kita banyak melakukan aktifitas yang berhubungan dengan air seperti berenang, mandi, mencuci mobil dan lain-lain,kadang tanpa sengaja air masuk kedalam telinga kita.

Rasanya tidak enak sekali, kalau bicara suara kita seperti bergema, pendengaran kita hanya jelas sebelah, kalau dipukul kepala kita seperti mendengung dan kadang-kadang pusing serta keseimbangan kita terganggu.

Kita sudah berusaha mengeluarkan air didalam telinga dengan berbagai cara tetapi tetap saja tidak bisa keluar. Apa bila tidak segera diatasi bisa mengganggu aktifitas sehari-hari.

Kalau dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan bau dan infeksi pada telinga kita.

Mungkin anda pernah mengunakan cara-cara seperti di bawah ini ada yang berhasil dan ada pula yang tidak diantaranya:

  1. Menghentak-hentakkan kepala sambil posisi telinga yang kemasukan air menghadap kebawah sambil memukul-mukul kepala pelan-pelan
  2. Memasukan air ketelinga yang ada airnya kemudian ditumpahkan kembali.Cara ini kadang berhasil dan kadang tidak,malah bertambah parah. 
  3. Minta bantuan orang lain mengambil nasi hangat sambil digenggam,kemudian menyuruh orang tersebut meniup nasi itu ketelinga supaya uap nasi tersebut masuk kedalam telinga dan berharap air yang masuk tadi keluar.

Setelah anda menggunakan cara seperti yang diatas tidak juga berhasil saya akan memberikan tips atau cara sederhana mudah dan cepat.

Cara ini sudah lama saya temukan secara tidak sengaja dan terbukti aman juga ampuh mengeluarkan air dari dalam telinga.

Cara ini sudah saya praktekan berkali-kali baik terhadap saya sendiri maupun teman-teman yang kebetulan mengalami kejadian serupa. Inilah cara sederhana tersebut:

Langkah 1

Yang harus anda lakukan ketika air masuk kedalam telinga dan tidak bisa dikeluarkan,carilah selembar kertas. Bisa koran,tisu,buku yang tidak dipakai atau kertas apapun. Tetapi dianjurkan kertas yang bertekstur lembut seperti koran dan tisu.

Langkah 2

telinga masuk air

Ambillah ujung kertas koran dengan cara dipotong dengan tangan berbentuk segitiga kecil.Sebelum memotong kertas keringkan terlebih dahulu tangan anda supaya air ditangan tidak menyerap kedalam kertas.

Langkah 3

air masuk ke telinga

Gulung kertas tersebut dari ujung sehingga membentuk gulungan kecil yang memanjang (seperti contoh dalam gambar).Setelah jadi jangan lupa digulung kembali agak ditekan supaya ramping dan padat.

Langkah 4

obat telinga masuk air

Masukan gulungan kertas tersebut kedalam telinga anda secara perlahan-lahan hingga menyentuh air yang ada di telinga.Biasanya air tersebut berada jauh di dalam telinga.

Langkah 5

Ketika kertas tersebut menyentuh air,air tersebut akan terserap kedalam kertas. Ditandai dengan pendengaran yang normal kembali kepala yang terasa ringan kemudian seperti ada suara air yang terserap.

Langkah 6

Sekarang telinga anda normal kembali dalam hitungan beberapa menit.

Cara ini terbukti aman karena menggunakan kertas yang kecil dan lembut Semoga tips ini bermanfaat buat anda.

Berikut 11 cara alternatif lainnya:

 

1. Campuran larutan alkohol dan cuka

Campuran larutan alkohol dan cuka putih juga membantu mengeringkan air yang tersiksa di saluran telinga. Masukkan 3-5 tetes campuran larutan ini ke dalam telinga dengan kepala dimiringkan dan biarkan selama beberapa saat.

Anda akan mendengarkan suara hampa di telinga yang berarti telinga mulai kering.

2. Gerakkan kepala

Gerakkan kepala dari satu sisi ke sisi lain dalam gerakan goyang ke arah bahu, kembalikan telinga ke posisi normal dan gerakkan kembali pada arah yang berlawanan.

Masukkan jari ke telinga untuk membuat tekanan yang cukup untuk mengeluarkan air.

3. Keringkan dengan pengering rambut

Memiringkan kepala dan mengeringkannya dengan handuk kering juga bisa membantu air keluar. Hembusan pengering rambut yang disetel dengan panas yang rendah ke dalam telinga juga bisa membantu mengeringkan telinga.

Tes pengering rambut pada kulit terlebih dahulu untuk memastikan panasnya tidak berlebihan.

4. Berdiri dengan satu kaki

Berdiri dengan satu kaki dan memiringkan kepala Anda dengan sedemikian rupa, posisi telinga yang tersumbat dengan air menghadap kebawah. Lanjutkan melompat dengan satu kaki sampai semua air keluar.

5. Miringkan kepala ke samping

Metode lain adalah, dengan pertama memiringkan kepala ke samping di mana telinga tidak tersumbat dengan air dan kemudian dalam kecepatan yang sangat cepat, miringkan ke sisi lain. Air akan mengalir secara alami.

6. Berbaringlah

Berbaringlah, sementara dengan memiringkan kepala Anda ke samping di mana telinga telah tersumbat oleh air. Gaya gravitasi dapat menyebabkan air keluar dari telinga perlahan-lahan.

7. Tekuk kepala ke sisi telinga yang tersumbat air.

Dengan telapak tangan yang terbuka tutup lubang telinga sampai kedap lalu lepas dan ulangi, lakukan selama beberapa saat, cara ini bermaksud untuk memberi tekanan di dalam lubang telinga sehingga air akan terdorong keluar.

8. Gunakan jari anda.

Kali ini dengan jari, tempatkan satu jari di telinga Anda (yang tersumbat air) dan ciptakan tekanan udara di dalamnya, dengan gerakan cepat mendorong dan menarik jari. Air akan keluar dengan cepat.

9. Kohesi cairan

Anda dapat mengeluarkan air dengan menggunakan prinsip kohesi cairan. Dalam hal ini, Anda perlu menambahkan lebih banyak air ke telinga yang juga berisi air.

Miringkan kepala, menuju sisi telinga yang berisi air. Sekarang memiringkan kepala Anda langsung ke sisi lain dan semua air akan keluar bersamaan.

10. Permen karet

Mengunyah permen karet juga terbukti berguna untuk mengeluarkan air yang menyumbat, karena menciptakan tekanan dari telinga tengah, mendorong otot-otot didalam telinga dan akhirnya mengaliri air keluar dari telinga.

11. Tekanan

Anda dapat menerapkan tekanan internal untuk memaksa air keluar. Menguap, sementara memiringkan kepala di sisi telinga yang tersumbat. Niscaya air yang menyumbat akan keluar dengan sendirinya.

12. Belajar renang

Dulu pas ada pelajaran olahraga tentang renang, saya males banget. Kenapa? Telinga saya selalu jadi budek karena air selalu masuk ke dalam telinga. Setelah d telusuri, cara saya berenang menjadi penyebab utama kenapa air selalu masuk ke dalam telinga. Semenjak ikut pelatihan renang di lesrenang.com, masalah ini tidak pernah saya alami lagi.

Penting

  • Jangan pernah mengorek telinga dengan cotton buds atau benda tajam lainnya, dengan tujuan mengeluarkan air. Hal ini berisiko melukai gendang telinga dan menyebabkan masalah yang lebih serius.

  • Konsultasi dengan dokter THT bila air tetap tidak bisa dikeluarkan setelah mencoba cara-cara yang telah disebutkan di atas.

Nah mudah-mudahan masalah telinga masuk air bisa teratasi dengan melakukan salah satu trik di atas. Yang penting lakukan dengan lembut. 

Source

3 thoughts on “Telinga Masuk Air Setelah Berenang? Ini Dia Solusinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s