Seperti Apa Sih Rasanya Pertama Kali Punya Anak?

Salah satu hal yang paling membahagiakan bagi seorang pria adalah kelahiran anak pertama. Rasa deg-degan, senang, panik, dan perasaan lainnya campur aduk jadi satu. Apakah anda pernah mengalaminya?

Artikel ini dibuat untuk berbagi pengalaman, khususnya bagi seorang pria ketika anak pertamanya lahir. Mari kita lihat.

Dalam proses menjalani kehidupan, setiap orang akan mengalami berbagai macam momen atau saat-saat dimana seseorang akan merasakan sesuatu hal yang menyedihkan atau membahagiakan dalam hidupnya.

Dan itu semua adalah hal yang biasa sebagai bentuk keseimbangan, ada manis ada pahit, kadang sedih kadang bahagia, kadang di atas kadang di bawah.

Buat anda (khususnya kaum pria) yang sekarang belum menikah atau yang berencana akan menikah dalam waktu dekat, sesekali mungkin pernah terbersit sebuah pertanyaan dalam benaknya, “Seperti apa sih rasanya punya anak?”

Nah, thread saya kali ini akan sedikit membahas tentang hal-hal atau kejadian apa saja yang kemungkinan besar akan dirasakan atau dialami oleh seorang pria ketika pertama kali punya momongan, berikut pemaparannya :

1. Rasa haru dan bahagia yang tak bisa dibeli dengan segunung emas dan selusin sedan mewah

Father and son on a pier relaxing together

Meski ini bersifat relatif tapi seorang pria sejati pasti akan merasakan saat paling mengharukan sekaligus membahagiakan dalam hidupnya ketika pertama kali mendengar suara tangis bayinya.

Seorang anak yang dikandung oleh istrinya tercinta akhirnya lahir kedunia sebagai cikal bakal penerus kehidupan orang tuanya kelak.

Inilah saat yang paling indah dalam sejarah kehidupan seorang pria, karena kelahiran anak pertama adalah bukti awal ente berhasil menunjukan kepada dunia, bahwa ente adalah lelaki tangguh. 

2. Hari-hari yang melelahkan

hari yang melelahkan

Sebelumnya mungkin anda tidak pernah membayangkan seperti apa repotnya orangtua kita dulu mengurus anak-anaknya hingga tumbuh dewasa seperti sekarang ini. Kita bahkan tidak pernah peduli, betapa ayah kita dulu begadang setiap malam hanya untuk menjaga istri dan anaknya tercinta.

Hal serupa pun akan agan rasakan kelak ketika pertama kali punya momongan. Waktu tidur kita sebagai seorang ayah “baru”, sedikit banyak akan tersita untuk sekedar membantu istri kita mengganti popok atau sekedar menyiapkan sesuatu yang dibutuhkan si bayi.
Bayangkan! Ketika kita sedang tidur karena lelah, tiba-tiba si bayi menangis dan kita harus bangun untuk sekedar memeriksa kenapa dan ada apa? Dan ini akan terus terjadi hingga beberapa lama ke depan.

3. Dipipisin dan diberakin bayi tersayang kita

ganti popok

Inilah salah satu momen yang membuat pria terkadang merasa bahagia sekaligus jengkel karena si bayi tiba-tiba pipis atau BAB saat kita gendong. Hahahaa, seorang pria beringas dengan puluhan tatto sekalipun akan merasakan kegelian ketika merasakan sesuatu yang lengket yang keluar dari pantat lucu bayi tercintanya.

4. Menggendong dan menimang-nimang

menimang

Anda merasa sebagai laki laki sejati yang jantan, lalu merasa enggan untuk menggendong si buah hati?

Ah…itu sudah tidak lagi berlaku ketika agan punya anak nanti.

Menggendong atau sekedar menimang-nimang agar si bayi tidur adalah salah satu aktifitas baru bagi pria ketika pertama kali menjadi seorang ayah.

Terlihat lucu dan kaku? Hehehee, rasakan saja nanti. Gendong, timang-timang bayi anda, dan bercerminlah.

5. Menina bobokan si bayi dengan lullaby yang spontan dikarangnya sendiri

lagu tidur

Anda mungkin pernah mendengar beberapa orang menyanyikan lagu yang terdengar asing di telinga kita ketika mereka sedang menidurkan buah hatinya? Yup, itulah yang disebut dengan lullaby.

Ada banyak lullaby yang dinyanyikan oleh seorang ibu ketika menidurkan bayinya. Salah satu yang terkenal di Indonesia adalah lagu yang berjudul “Nina Bobo”.

Tapi tahukah agan bahwa ternyata kebanyakan dari ibu-ibu menyanyikan lullaby adalah hasil karangannya sendiri yang diciptakannya secara spontan.

Dan kelak anda pun nanti akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh para ibu-ibu tersebut, tentunya dengan lullaby ala anda sendiri.

6. Merasa menjadi ayah paling sibuk sedunia

menjadi ayah tersibuk

Sebagai karyawan atau pekerja, anda boleh saja merasa banyak pekerjaan di kantor, tapi jangan lupa, bahwa ketika anda menjadi ayah untuk pertama kalinya maka anda akan merasa menjadi ayah paling sibuk sedunia.

Dalam banyak hal, anda akan tahu bagaimana repotnya menjadi seorang ibu dan anda akan merasakan itu semua. Bahkan pada beberapa kejadian seorang pria akan lebih merasa sibuk dibanding ibu si bayi sendiri ketika bayi kita sedang sakit atau hanya sekedar merengek.

Anda akan lari kesana kemari untuk ke dokter, ke bidan, atau sekedar membeli sesuatu ke apotik. Belum lagi ketika istri tercinta sedang lelah, maka anda akan menggantikan semua kewajiban si ibu untuk anda lakukan sendiri.

Mulai dari mengganti popok, membersihkan kotoran si buah hati, mengganti celana dan bajunya, hingga mengipas ngipas si bayi ketika AC dan kipas angin mati. Ahh, rasanya sangat melelahkan tapi betapa indahnya semua ini.

7. Puncak momen paling sempurna bagi seorang ayah

mulai-berjalan

Tahukah anda momen apa yang paling sempurna ketika seorang pria pertama kali menjadi ayah bagi buah hatinya? Berikut momen kesempurnaan tersebut :

  1. Ketika kali pertama melihat anak kita tersenyum dan tertawa
  2. Ketika bayi kita tumbuh giginya pertama kali
  3. Ketika si buah hati mulai merangkak dan berdiri untuk pertama kalinya
  4. Dan ketika anak kita untuk pertama kalinya memanggil kita dengan panggilan “Papa & Mama”

Seberapa banyak harta yang anda  miliki dan seluas apapun kebahagiaan yang anda punya, maka semuanya tak akan pernah bisa menebus momen- momen tersebut……..

Nikmati dan berbahagialah…

Kejadian ini tak akan terulang untuk kedua kalinya.

Klik tombol like atau tweet untuk berbagi dengan teman-teman anda.

Sharing is caring. 

Apakah anda punya pengalaman yang menarik dengan anak anda? Tulis di kolom komentar di bawah ini ya ;)

Source

3 thoughts on “Seperti Apa Sih Rasanya Pertama Kali Punya Anak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s