Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Banyak penyebab bau mulut tetapi ada cara menghilangkan bau mulut secara alami dan murah. Bau mulut adalah salah satu hal yang sangat mengganggu apalagi orang itu adalah pasangan anda sendiri.

Tapi sebelum itu mari kita lihat satu per satu mulai dari penyebab, mendeteksi, dan cara menghilangkan bau mulut.

Penyebab Bau Mulut

Makanan

Makanan adalah salah satu sumber dari bau busuk yang datang dari mulut. Beberapa makanan, seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas, rempah-rempah eksotis (seperti kari), beberapa keju, ikan, dan minuman asam seperti kopi dapat meninggalkan bau yang dapat bertahan lama di mulut.

Tembakau

Merokok dan mengunyah tembakau selain menyebabkan penyakit gusi atau kanker mulut, dapat menjadi pemicu penyebab bau mulut.

Tidak Memelihara Kesehatan Gigi

Ketika seseorang tidak menyikat gigi secara teratur, sisa makanan yang tersisa di dalam mulut akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Perawatan gigi yang buruk dapat menyebabkan penumpukan plak di mulut sehingga membuat gigi anda menjadi rusak.

Masalah Kesehatan

Infeksi sinus, pneumonia, radang tenggorokan (faringitis) dan infeksi tenggorokan lainnya, sariawan, bronchitis, diabetes, refluks asam, intoleransi laktosa, masalah perut lainnya, dan beberapa penyakit hati atau ginjal mungkin berhubungan dengan bau mulut.

Mulut Kering (Xerostomia)

Mulut kering juga dapat menyebabkan bau mulut. Air liur membantu melembabkan dan membersihkan mulut, dan ketika tubuh tidak cukup produk air liur, bau mulut bisa terjadi.

Mulut kering dapat disebabkan oleh masalah kelenjar ludah, gangguan jaringan ikat, obat-obatan, atau bernapas melalui mulut.

Obat

Banyak obat, termasuk antihistamin dan diuretik, dapat menyebabkan mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut. Obat lain yang dapat menyebabkan bau mulut mungkin termasuk suntikan insulin, triamterene (Dyrenium), dan Paraldehid.

Napas di Pagi Hari

Bau mulut di pagi hari adalah sangat umum. Produksi air liur hampir berhenti selama tidur, yang memungkinkan bakteri untuk tumbuh lalu menyebabkan bau mulut.

Cara Mendeteksi Bau Mulut

1. Cara Pertama

Jilat sedikit bagian belakang pergelangan tangan.

penyebab bau mulut

Tunggu 5 detik kemudian cium pergelangan tangannya.

bau mulut

2. Cara Kedua

Tutup mulut dan hidung dengan kedua tangan.

menghilangkan bau mulut

Kemudian bernapas ke tangan anda dan cium/hirup apakah berbau atau tidak.

mendeteksi bau mulut

3. Cara Ketiga

Tarik pipi keluar dari gigi dan dorong kembali ke gigi

bau mulut

tepuk pipi

Ulangi ini beberapa kali lebih cepat dan mengendus pada waktu yang sama. Jika baunya buruk, maka napas anda memang bau.

4. Cara Keempat

Tutupkan gelas kemulut dan hidung.

gelas plastik

Hembuskan nafas bersamaan antara mulut dan hidung hirup dan rasakan apakah bau atau tidak.

hirup udara dalam gelas

5. Cara Kelima

Pakai salah satu jari anda, kemudian tempelkan / gosokan dibelakang lidah. Semakin jauh lokasi belakang lidahnya semakin baik kemudian hirup jarinya. Apabila berbau tidak sedap berarti napas anda memang bau.

tempelkan pada lidah

 Cara Menghilangkan Bau Mulut

1. Sikat gigi minim 3x sehari.

2.Campuran jeruk nipis dan madu,

Jaruk nipis dan madu memliki kandungan yang dapat menghilangkan bakteri dalam mulut. Caranya cukup sederhana yaitu dengan mencampur air perasan jeruk nipis dan madu untuk mengurangi rasa asamnya.

Campuran kedua bahan tadi diminum secara rutin setiap harinya.

3.Air daun sirih,

Daun sirih yang direbus ternyata ampuh untuk mengatasi bau mulut. Caranya yaitu dengan meremas beberapa lembar daun sirih yang masih segar, selanjutnya direbus sambai getahnya keluar.

Air rebusan tadi bisa digunakan untuk berkumur secara rutin. Daun sirih diyakini memiliki khasiat sebagai anti-septik untuk membunuh kuman-kuman di dalam mulut.

4.Mengkonsumsi buah-buahan

Buah-buahan yang ampuh untuk mengatasi bau mulut adalah buah yang kaya akan air dan vitamin C.

Contohnya adalah jambu, apel dan lain-lain. Selain buah-buahan tersebut, buah yang banyak mengandung serat juga sangat dianjurkan karena juga sangat bermanfaat untuk membersihkan gigi.

5.Mengunyah permen mint

Cara yang paling mudah yang bisa dilakukan setiap saat adalah mengkonsumsi permen mint. Perment mint dapat menyegarkan nafas sehingga bau mulut pun akan hilang.

Namun, khasiat penghilang bau mulutnya juga hanya bekerja selama bau mint masih tersisa di mulut anda, bukan untuk mengobati.

Bagaimana dengan cara menghilangkan bau mulut secara alami di atas? Semoga permasalahan bau mulut bisa teratasi dan orang tidak perlu menghindari kita karena masalah bau mulut.

Mau berbagi pengalaman tentang bau mulut? Silakan komentar dengan mengisi kolom di bawah.

Source

6 thoughts on “Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

  1. Saya Penderita Diabets, dan mengkondumsi obat setiap pagi dan sore hari, apakah bau mulut juga akan hilang dengan cara yg disebutkan diatas?? .. ataukah ada cara yang lain? … terimakasih

  2. sebelumnya 5’f….mulud saya sllu kering…..saya smpi malu bertemu teman krna masalah bau mulud saya….aq pun udah usaha periksa dokter,…kata dokter gk ada masalah apa”….tiap hari kumur daun sirih yg d rebus….minum air lemon cmpur madu,,,,,makan permen mint jg udah ku coba….bahkan k dokter gigi katanya normal…..aq mau tanya lao begini trs apa yg aq lakukan untuk mengatasi

  3. Ada cara lain yang cukup efektif jg untuk menghilangkan bau mulut. Kunyah sedikitnya 5 bh kismis setiap pagi. Atau saat diperlukan. Hal ini selain efektif menghilangkan bau mulut seketika, kismis jg dikenal sebagai buah yg bisa mencegah kanker mulut…
    Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s