Yuk Buat Sendiri Kotak Kemasan / Hadiah Yang Terlihat Profesional Tanpa Ribet

Bagi anda yang mempunyai usaha online atau usaha offline, tentunya kita tahu bahwa packaging memiliki nilai tersendiri di mata pelanggan. Hal ini sering diabaikan dan sepertinya dianggap sepele, tapi kalau anda perhatikan, anda sedang membangun citra usaha anda di mata pelanggan. Tidak hanya itu, dengan packing yang baik, anda juga terlihat lebih berkelas daripada yang lain.

Lalu bagaimana membuat kotak kemasan yang bagus dan profesional?

Apakah itu sulit?

Jawabannya tidak, asal anda mau.

Selain itu anda juga bisa membuat kejutan untuk orang yang ingin anda beri hadiah dengan membuat kotak hadiah anda sendiri. Tertarik untuk mencoba?

Langsung aja yah, jadi ceritanya saya habis belanja peralatan handicraft yang berbau benda tajam di dreamshop. Gatal tangan ini pengen merawanin uji coba alat tempur baru, akhirnya mending sekalian saya sekalian jadiin thread aja.

Tema artikel saya kali ini adalah seputar prakarya dengan bahan dasar utama berupa kertas: “Ayo Berkreatifitas Membuat Kotak Kemasan atau Kotak Kado Sendiri“.

Nah kalau bikin kemasan kaya gini, biasa bakal berurusan sama ukur-mengukur dan bentuk-membentuk. Nah untuk memudahkan anda semua sekalian bikin template-nya, saya perkenalkan kepada anda sekalian, sebuah website ciamik yang dengan pintarnya akan membuatkan aneka template kemasan sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan, websitenya http://www.templatemaker.nl. Ntar bakal tertampil bentuk kemasan dan form ukuran:

Dan ketika anda menekan tombol create, maka lahirlah ke dunia ini sebuah file PDF siap cetak berisi template:

Nah, file tersebut tinggal anda print di atas kertas, lalu anda gunting sesuai bentuk templatenya, trus anda jadikan master untuk membuat potongan pada kertas karton, kertas cardboard dan bahan lainnya. Sebelum anda langsung mencetaknya, anda juga bisa meng-impor file PDF tersebut menggunakan software grafis seperti CorelDraw, Photoshop, Illustrator, dll untuk ditambahkan ornamen logo, warna, dll.

COCOK BANGET BUAT SELLER FJB KASKUS / ONLINE SHOP OWNER


Selain untuk mengasah kreatifitas kita, bisa membuat berbagai varian kotak kemasan juga sangat bermanfaat bagi para seller yang aktif jual-menjual di FJB KASKUS.

Ketika seller mengirimkan barang dalam kemasan yang lebih menarik, tidak sekedar mainstream dibungkus tas kresek warna hitam doang, maka kemasan yang menarik dapat meningkatkan nilai awareness terhadap seller yang bersangkutan.

Seller jadi galau:wah nambah budget lagi dong, pasti mahal buat kemasannya, ngurangi margin keuntungan“.

Semuanya tentunya disesuaikan dengan kebutuhan gan. Bahan untuk membuatnya pun gak harus mahal, sesuaikan dengan jenis produk yang anda jual atau kirim.

Misal anda jualan produk seperti kerajinan silver yang harganya ratusan hingga jutaan rupiah, tentu terkesan kurang menghargai pembeli jikalau anda cuma membungkusnya pakai kertas koran yang dilapisi plastik kresek hitam, apalagi dibungkusnya pakai daun pisang.

Kemasan polos yang terkesan elegan saja sudah bisa menciptakan impresi yang mana bisa meningkatkan brand awareness dan service awareness, apalagi kalau kemasan itu anda beri sentuhan printing atau disablon, tentunya akan semakin memberi nilai tambah bagi seller.

Contoh perhitungan:

  • Harga kertas ukuran plano adalah 65 x 100 cm dan 79 X 109 cm bisa menghasilkan 2 – 3 kotak ukuran sedang.
  • 1 lembar kertas karton art carton ukuran plano 400 gram (tebal banget) harganya berkisar antara Rp. 3,000 – Rp. 4,000. Yang jenis duplex carton lebih murah lagi tentunya, apalagi kalau mengambil gramasi atau ketebalan di bawah 400 gram.
  • Misal usaha laris, lebih murah lagi kalau anda belanja banyak dalam satuan rim. Kalau anda membuatnya secara manual (tidak pesan percetakan) di kala waktu-waktu luang, maka untuk kotak-kotak ukuran sedang anda akan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 1,000 – Rp. 1,500 rupiah (biaya kertas, lem dan cutter), tentunya lebih murah lagi jadinya jika anda membuat kotak kemasan dalam ukuran yang kecil-kecil semisal seukuran hardisk external.

Tentunya sangat murah jika dibandingkan dengan citra positif dan loyalitas pelanggan yang bisa anda dapatkan dari komposisi produk berkualitas, kemasan yang menarik dan pelayanan yang memuaskan. Perlu diketahui bersama, bahwasanya dalam dunia industri, kemasan itu sangat penting, sehingga penting memperhatikan kemasan produk anda.

Prototipe menggunakan kertas glossy photo, ditambah variasi mika plastik. Hasilnya seperti di bawah ini.

klik untuk akses templatenyaGenerator Template Cardbox

Contoh hasil jadinya seperti di bawah ini.

klik untuk akses templatenyaGenerator Template Gift Box

Hasilnya seperti di bawah ini.

klik untuk akses templatenyaGenerator Template Box with Lid

Contoh hasilnya seperti di bawah ini.

klik untuk akses templatenyaGenerator Template Pillow Pack

Contoh hasilnya seperti di bawah ini.

klik untuk akses templatenyaGenerator Template Milk Carton

Contoh hasilnya seperti di bawah ini.

klik untuk akses templatenyaGenerator Template Mailer Box

Contoh hasilnya seperti di bawah ini.

klik untuk akses templatenyaGenerator Template Polygon Box

Langkah-Langkah Membuat Kotak Kemasan

Bahan dasar prototipe template menggunakan kertas glossy untuk printer inkjet

32

33

34

35

36

37

Beberapa hal yang harus diperhatikan.

 

Jenis kertas apa yang harus digunakan?

  • Contoh kertas yang ada di atas adalah menggunakan kertas glossy paper 230 gram buat printer.
  • Untuk yang lebih tebal (dan lebih murah) anda bisa pake kertas karton, kertas ivory, kertas cardboard dan anek jenis kertas lainnya yang tebal atau sesuai kebutuhan anda.

Printer untuk mencetak berukuran maksimal kertas A4. Bagaimana solusinya untuk membuat template ukuran besar?

  • Kemasan dibuat dalam ukuran cetak kertas A3. Setelah jadi PDF-nya silahkan anda impor melalui software seperti CorelDraw.
  • Di dalam workspace ukuran A3 yang terdapat template kemasan, anda buat 2 kotak ukuran A4 (karena A3 adalah 2 kali ukuran A4. Nah desainnya anda pisah menjadi 2 bagian, lalu print terpisah lalu kemudian rekatkan jadi satu. Kalau butuh ukuran A2, ya tinggal diulangi cara yang sama, ntar dibagi 4 ukuran A4.

Berapa maksimal tebal kertasnya?

  • Maksimal kertas glossy photo kalau printer, kalau kelewat tebal bisa malah merusak roller printer atau paper jammed.

Beli kertas yang ada pola lekukan (setengah lingkaran)/lubang apa memang ada di toko atau potong sendiri?

  • Kertasnya kertas yang biasa tanpa lekukan, trus dibuat sendiri lekukan setengah lingkarannya. Alatnya ada khusus, namanya circle puncher atau juga bisa pake rotary cutter, biasa dijual di toko stationery.

  • Nah kalau saya, karena gak punya alatnya circle puncher, saya akalin pake ring (mata ayam) banner, yang saya letakan di atas kertas yang mau dilubangin, trus saya pukul pake palu, bolong deh secara presisi, trus tinggal dipotong, jadi!
  • Beli ring mata ayam di tukang jual ayam!

Jika anda tidak mau repot, anda bisa coba jasa mas kratingdieng untuk membuatnya. Mudah-mudahan tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi anda. Sampai ketemu di artikel berikutnya.

Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s