Trik Cerdas Untuk Mengingat Penggunaan Who, Whom, dan Whose

Bagi kalian yang pernah belajar bahasa Inggris, pasti pernah mendengar kata who, whom, dan whose. Walaupun artinya menanyakan siapa tapi memiliki penggunaan yang berbeda. Di bawah ini ada trik kapan harus menggunakan ketiga kata tersebut agar maksud yang ingin kita sampaikan dimengerti oleh lawan bicara kita.

Sudah siap?

Kesalahan grammar, atau yang biasa disebut dengan tata bahasa, memang dimaklumi banyak pihak. Dan lagi, grammar pun sudah jarang digunakan dalam banyak percakapan karena aturannya yang begitu rumit dan memusingkan. Tapi, tidak ada salahnya ‘kan jika kita menggunakan yang benar?

Di artikel kali ini, tanpa mengalami kesulitan, kamu akan belajar sebagian kecil dari grammar dengan cara yang sedikit tricky.

Who

Yang pertama dan yang paling sering digunakan adalah who. Who bertugas untuk menjelaskan siapa yang melakukan pekerjaan (subjek).

Who told you the answer key?

She told me, Miss.

Bisa dilihat dari contoh di atas bahwa, jika jawaban dari pertanyaan berupa he/she/it/i/you/we/they (subject pronoun), maka, kata yang tepat untuk digunakan adalah who.

Dalam kalimat deklaratif, who digunakan setelah kata ganti subjek.

Contoh: “They, who robbed my house, must be punished!” yang artinya: “Mereka yang merampok rumah saya harus dihukum!”

Kalau jawabannya yang kita harapkan adalah “dia …”, “Sinta …”, “Mereka …”, “Kita  …”, “Saya …”, dan lain sebagainya, maka gunakan who.

Whom

Whom merupakan kata yang sering sekali tertukar penggunaannya dengan who. Digunakan untuk menjelaskan objek, kata whom sendiri dipakai ketika jawaban dari pertanyaan adalah him/her/it/me/you/us/them (object pronoun)

Contoh:

Whom did you fight with yesterday?

Yesterday, i fought with Nancy.

Nancy di sini merupakan objek dengan kata ganti her, yang diberi tindakan oleh subjek atau si penjawab. Itulah mengapa, whom adalah kata yang pas untuk digunakan dalam kasus ini.

Berlawanan dengan who, untuk kalimat deklaratif, whom digunakan sebelum kata ganti subjek.

Contoh: “The girl, whom i saw yesterday, is crying right now.” yang mana artinya adalah: “Gadis yang saya lihat kemarin sedang menangis sekarang.”

Whose

Relative pronoun yang terakhir adalah whose. Whose sendiri cukup mudah. Kata ini digunakan untuk menjelaskan kepunyaan (possession).

Ketika jawaban dari pertanyaan adalah his/hers/its/mine/yours/our/their (possesive pronoun), maka, kata yang yang tepat untuk digunakan adalah whose.

Contoh:

Whose pencil is this?

That’s mine. I left it, thank you.”

Sama seperti kalimat interogatif, pada kalimat deklaratif, whose juga digunakan sebelum kata benda (noun).

Contoh: “I am the girl whose car is broken.” yang artinya: “Saya adalah gadis yang mobilnya rusak.”

Selain whose, ada juga who’s. Who’s sendiri merupakan bentuk yang lebih singkat dari “who is“. Walaupun pelafalannya sama, namun artinya jauh berbeda. Jadi, jangan tertukar, ya!

Grammar tentang who, whom, dan whose memang awalnya memusingkan. Tapi, dengan satu trik sederhana, kamu jadi tahu kapan harus menggunakan ketiganya.

Selamat belajar dan selamat menerapkan!

Jangan lupa untuk share dan tweetnya bila kalian merasa artikel ini bermanfaat.

Source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s