Suka Mencatat Tapi Tetap Susah Ingat?

Halo semua. Selamat tahun baru 2018. Ini adalah artikel pertama di blog justmyhobby pada tahun 2018. Saya harap kalian semua dalam keadaan baik-baik saja.

Kali ini saya menbahas tentang sebuah teknik menghapal dengan cara yang efektif sehingga bagi kalian yang suka mencatat pelajaran tapi ketika sudah sampai rumah jadi lupa lagi, maka artikel ini sangat cocok buat kamu.

Tapi sebelumnya coba kamu nonton video di bawah ini.

Menyenangkan yah?

Proses mengingatnya jauh lebih mudah dan mengasyikan.

Yang jadi masalah adalah bagaimana cara mengaplikasinya ketika sedang menghadiri seminar atau belajar di kelas. Tentu akan sangat menyita waktu kalau kamu harus menggambarnya terlebih dahulu.

Apalagi mata pelajaran yang penuh dengan teks dan penjelasan yang super rumit.

Jadi bagaimana solusinya?

PERHATIAN!

Cara ini mungkin akan sulit diterapkan pada beberapa ilmu tertentu. Beberapa individu mungkin tidak sesuai dengan cara ini. Namun, tidak ada salahnya mencoba bukan? :)

Apa itu Cornell Note Taking? Sebenernya ini merupakan salah satu metode dalam mencatat pelajaran di kelas. Selain Cornell masih ada beberapa metode lain yang umum digunakan. Namun, banyak orang yang merekomendasikan untuk menggunakan cara ini dalam mencatat pelajaran.

Sistem mencatat ini sudah lama di ciptakan. Sudah diciptakan sejak tahun 1950-an oleh Walter Pauk. Ia merupakan professor bidang pendidikan di Cornell University. Metode ini diusulkanya dalam sebuah buku best seller berjudul How To Study in College.

Walter Pauk

Lalu bagaimana caranya?

Bagi yang kurang mengerti, ini penjelasan singkatnya.

Pertama,

Siapkan dulu kertas atau buku catatan.

Kedua,

Buat garis yang membagi kertas ini menjadi 3 bagian seperti gambar dibawah ini:

Ketiga,

Mulailah mencatat dengan penjelasan berikut ini:

Kolom di sisi kanan, merupakan area utama kalian mencatat selama berada di kelas ketika teman atau pengajar lagi beri ilmu. Jangan menulis mentah-mentah semua yang diucapkan pengajar.

Coba buatlah dengan kalimat sendiri. Kamu bisa membaginya ke dalam beberapa poin. Gunakan juga simbol untuk istilah istilah tertentu. Jangan lupa, untuk memberikan spasi antara satu topik dengan topik yang lainnya.

Kolom di sisi kiri, bisa kamu isi dengan kata kunci atau petunjuk atau pertanyaan yang terjawab pada kolom di sisi kanan. Kolom ini akan memudahkan kamu semua untuk mempersiapkan diri dalam ujian.

Kolom bagian paling bawah, diisi dengan kesimpulan dari tulisan atau pelajaran hari itu.

Jika kalian malas untuk membuatnya, di internet sudah banyak kok yag menyediakan template Cornell ini. Kalian tinggal searh aja di google “Corneel Note Taking Template” nanti banyak situs menyediakannya secara gratis.

Atau jika kamu sudah terbiasa membuat catatan secara online, banyak aplikasi dan situs yang memberikan fasilitas membuat catatan dengan Sistem Cornell.

Banyak universitas merekomendasikan sistem ini.

Selain itu catatan dengan bentuk seperti ini memudahkan kita untuk bersiap menghadapi ujian. Karena kita sejak awal sudah dilatih untuk menyimpulkan dan mereview. Sistem Cornell menjadikan para siswa untuk membuat dan mereview catatan mereka secara otomatis.

Bila dengan d gabungkan dengan gambar-gambar makanya hasilnya nanti seperti baca komik. Seru kan?

Share artikel ini ke teman-temanmu bila kamu rasa bermanfaat.

Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s