Panduan PRAKTIS Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Salah satu cara untuk mendapatkan sayuran segar tanpa pestisida adalah dengan menanam sendiri sayuran.

Yang jadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai lahan untuk menanam sayuran. Oleh karena itu ada cara dimana anda bisa menanam sayuran dengan memanfaatkan air sebagai media pengganti tanahnya atau yang disebut juga dengan hidroponik.

Bagi yang mempunyai hobi berkebun, cara hidroponik ini dapat menghilangkan stress. Tapi bagaimana ya cara membuat tanaman hidroponik? Jangan khawatir, pada artikel ini akan dibahas cara menanam hidroponik sehingga hasilnya bisa dikonsumsi oleh keluarga.

cara menanam hidroponik

cara bertanam hidroponik

Sesuai namanya, hidroponik adalah cara bertanam menggunakan media air sehingga tidak memerlukan tanah atau area yang luas. Secara sederhana, hidroponik adalah metode budidaya tanaman dengan menggunakan air yang diperkaya dengan nutrisi, bukan tanah. Hal ini membuat parameter seperti nutrisi, pengendalian hama, dan pencahayaan lebih mudah dikelola.

Hidroponik tidak memerlukan pemakaian herbisida dan pestisida beracun sehingga lebih ramah lingkungan dan sayuran yang dihasilkan pun akan lebih sehat. Bertanam dengan hidroponik akan menghasilkan tanaman berkualitas baik dan bebas kimia. yang pastinya sehat buat kita semua dan anak-anak.

cara membuat tanaman hidroponik

Laju pertumbuhan tanaman hidroponik bisa mencapai 50% lebih cepat dibanding tanaman yang ditanam di tanah pada kondisi yang sama. Alasan untuk ini adalah karena tanaman hidroponik langsung mendapatkan makanan dari air yang kaya nutrisi. Kondisi ini juga membuat tanaman tidak perlu akar besar untuk mencari nutrisi. Dan karena energi yang diperlukan untuk pertumbuhan akar lebih sedikit, sisa energi bisa disalurkan ke bagian lain dari tanaman.

Tanaman hidroponik tumbuh sehat, kuat, dan bersih. Hidroponik juga ramah lingkungan karena tidak membutuhkan air sebanyak berkebun secara konvensional. Ini karena hidroponik tidak memerlukan penyiraman sama sekali.

tanaman hidroponik

Berikut cara menanam tanaman hidroponik dengan cara paling sederhana:
cara menanam tanaman hidroponik
Alat:

  1. Botol plastik air mineral bekas,
  2. Gelas plastik bekas air mineral,
  3. Jerigen plastik bekas minyak goreng,
  4. Kain untuk sumbu (kain panel lebih bagus)
  5. Nutrisi hidroponik.
  6. Media tanam (rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, pecahan bata merah). Pilih yang paling mudah didapat.

Kita bisa melihat betapa sederhananya bahan yang dibutuhkan. Bahkan kebanyakan besar dari barang bekas. Jadi menanam model hidroponik sederhana ini selain kita bisa mendapatkan tanaman sayuran yang sehat dan subur, kita juga bisa memanfaatkan barang barang bekas. Sehingga botol bekas, jerigen bekas dan gelas plastik bekas yang mestinya dibuang dan menjadi limbah ternyata masih bisa diambil manfaatnya.

Langkah-langkah cara membuat tanaman hidroponik

Hidroponik Wick dengan botol bekas :

1. Potong botol menjadi 2 bagian. (atas dan bawah)

botol-plastik

2. Lubangi bagian atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu dan aliran udara
3. Pasang sumbu pada bagian bawah botol

botol-air

4. Masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan cara dibalik.

botol-bekas-hidroponik

5. Isi bagian atas botol dengan media tanam (bisa rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan bata merah). Pilih saja mana yang paling mudah didapat. Karena fungsi media ini hanya untuk pijakan akar agar tidak rebah.

6. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam.

botol-plastik-hidroponik

7. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik.
8. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari.

Membuat Larutan Nutrisi Hidroponik

Bahan:

  • Pupuk Urea…………………………………………….1000 gr.
  • Pupuk KCL …………………………………………… 1000 gr.
  • Pupuk NPK …………………………………………… 1000 gr.
  • Pupuk daun Gandasil ( Growmore ) ……………. 50 gr.

Peralatan:

  • Ember bervolume 20 Liter.
  • Drum plastik bervolume 100 liter
  • Timbangan digital
  • Alat pengaduk
  • Air sumur, air sungai,
  • Air PAM tidak diperkenankan kecuali yang sudah diendapkan selama 7 – 10 hari.

Cara membuat:

  • Masukkan semua bahan yang telah ditimbang ke dalam ember volume 20 liter.
  • Tuangkan air sumur sebanyak 20 ltr ke dalam ember tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk lanjutkan pengadukan hingga air mencapai volume 20 liter dan tidak ada lagi pupuk yang masih mengkristal (tidak ada endapan)
  • Tuangkan larutan pekatan tadi ke dalam bak penampungan volume 100 liter.
  • Kucurkan air sumur kedalam bak penampungan sambil diaduk – aduk hingga penuh (mencapai volume 100 liter).
  • Larutan Nutrisi siap digunakan.

modifikasi-hidroponik

modifikasi-hidroponik-2

modifikasi-hidroponik-3

klik gambar untuk memperbesar

modifikasi-hidroponik-4modifikasi-hidroponik-5Saya sarankan mulai dari tanaman sayuran dulu, yang lumayan cepat tumbuhnya, misal : sawi, cabe, tomat, selada, bayam, kacang…dll

Nah dengan gambaran di atas tentunya anda mendapat inspiratif membuatnya di rumah…cocok buat kita yang hidup di perkotaan ala urban  ayo kita bikin rumah kita sejuk, dan sehat dengan berkebun ala hidroponik, selain mudah, hemat, sehat, anti globalwarming

Video Tutorial 1


Video Tutorial 2

Video Bertanam Hidroponik

Atau anda bisa lihat kumpulan video hidroponik di sini. Jadi selamat mencoba.


 

Apakah Anda Mau Langsung Praktek Hidroponik Tanpa Harus Ribet?

 

Apakah anda ingin mencoba menanam tanaman secara hidroponik seperti di atas tapi

  1. Anda tidak punya waktu untuk membeli peralatannya?
  2. Tidak tahu beli di mana / tempatnya jauh?
  3. Anda perlu panduan yang lebih jelas?

Jikalau anda menjawab YA salah satu pertanyaan di atas maka anda memang sudah siap untuk praktek menanam tanaman dengan hidroponik.

Tapi mengapa hidroponik?

  • Keuntungan terbesarnya adalah diawal anda tidak memerlukan tempat yang tidak begitu besar.
  • Menghemat 90% penggunaan air.
  • Dapat diusahakan di berbagai tempat, tanpa tergantung musim.
  • Lebih bersih dan higienis karena tidak berhubungan dengan tanah.
  • Pemeliharaan lebih mudah.
  • Masa tanam lebih cepat panen karena nutrisi yang diberikan maksimal dan masa panen bisa dua kali dibandingkan memakai media tanah.
  • Tanpa pestisida dan insektisida

Pada saat ini banyak PHK di mana-mana. Terlebih lagi bagi anda yang akan pensiun tetapi belum mendapatkan ide untuk berbisnis apa setelah pensiun. Perlu diingat bahwa setelah pensiun, setiap hari adalah hari minggu.

Jadi belajar menanam tanaman hidroponik selain untuk hobi, bisa juga menjadi sebuah bisnis.

Tanaman yang kita tanam dengan hidroponik tidak akan pernah kekurangan nutrisi. Berbeda dengan media tanah, tanaman tersebut harus mencari makanannya sendiri jadi seringkali nutrisinya tidak mencukupi.

Apakah anda tahu mengapa ada buah yang manis dan harum? Harum tetapi tidak manis? Tidak harum tetap manis? Jawabannya adalah seberapa banyak kandungan nutrisinya terpenuhi.

Beberapa nutrisi yang diperlukan itu seperti Nitrogen, Phosphor, Kalium, Mangan, Boron, dan lain-lain.

hasil tanaman hidroponik

Pada dasarnya semua ini dibutuhkan oleh tanaman ketika di dalam tanah tapi bila kekurangan salah satu nutrisi ini, bisa membuat sayur kerdil lalu daunnya menguning, perakaran tidak sempurna, batang pecah, daun keriput dan lain-lain.

Itulah sebabnya hasil panen yang menggunakan media tanah tidak semuanya bagus.

Dengan hidroponik masalah ini teratasi.

Oleh karena itu hotel-hotel / restoran mewah memakai bahan baku sayuran yang berasal dari pengembangan hidroponik. Sudah tentu harganya jauh lebih mahal daripada harga pasaran karena dari segi kualitas, tanaman hidroponik ini lebih terjamin.

Untuk itu saya menyediakan paket starter kit hidroponik untuk pemula sehingga anda bisa langsung praktek.

tanaman hidroponik

Di dalam paket ini terdiri dari

paket hidroponik

1 kotak bak plastik berukuran 28 x 36 x 13 cm
1 buah tray semay 9 lubang lengkap dengan cover dan alas
1 pcs styrofoam 6 lubang tanam
1 pcs ember plastik kotak
1 pcs Nutrisi A 250ml kemasan botol
1 pcs Nutrisi B 250ml kemasan botol
6 pcs Net Pot
1 pak Rockwool (50 pcs) ukuran 5x3x1.5 cm
1 pcs Aerator (mesin gelembung)
2 meter selang angin
1 pcs Batu gelembung
1 pcs Bibit bayam hijau 2 gr (700 biji)
1 pcs Bibit caisim 2 gr (700 biji)
1 pcs Bibit pakcoy green 2 gr (700 biji)
1 pcs Bibit kangkung 35 gr (700 biji)
1 Lembar kertas petunjuk dimulai dari pembibitan

Semua isi dari paket ini sebelumnya telah diuji di kebun dan memakan waktu dari pembibitan sampai panen kurang lebih 1 bulan.

Berat pengiriman = 4 kg (Gratis dus + bubble besar)

rockwool

ini bukan busa tapi rockwool :)

Lalu berapa harganya?

Harga untuk paket siap pakai ini adalah

500.000

(belum termasuk ongkos kirim)

Harga ini tidak sebanding jika dibandingkan anda ikut kursus hidroponik.

Tapi khusus untuk 100 pembeli pertama, saya akan berikan diskon sebesar 150.000 sehingga harga promonya hanya

350.000

(belum termasuk ongkos kirim)

Tertarik?

Untuk pemesanan silakan add BBM saya di D0249983 atau SMS ke 0818-0697-1755

Jika seseorang menawarkan anda sebuah peluang tapi anda tidak yakin bisa, katakan YA lalu belajar bagaimana melakukannya!

Jangan pernah berhenti belajar!

Source

148 thoughts on “Panduan PRAKTIS Cara Menanam Tanaman Hidroponik

  1. Kira2 kapan kita harus mengganti/refill nutrisi utk tanaman hidroponik. Apakah ada ciri2
    awal yang tampak pada tumbuhan hidroponik yg kekurangan nutrisi?

  2. untuk belajar lebih lanjut,,apakah ada no hp yg bisa di hubungi,,,biar kalau ada kendala saya bisa menghubungi,,thanks

  3. rencana mo coba untuk kesibukan istri… makasih ya..
    klo bibit bs beli dmn di bali?
    mungkin yg di atas nanya spy air tergenang ga jd tempat nyamuk bertelur, makanya ditaruh ikan…

  4. Naaah… ini nich ilmu yg bermanfaat bagi kita2 yg pengen nanam tp kaga ada halaman seperti gue, maklum tinggal di komplek perumahan yg super padat, tenkyu bro, gue mo coba, o iya trs kapan ganti airnya atau kapan nambah nutrisinya

  5. haloo salam kenal,,, saya baru ingin coba berkebun. itu kan contonya pakai botol vertikal ,,, kl botolnya ditidurkan jd bagaimana ya caranya,,,

    kalo ditaan pakai media tanam yg ada di pasaran yg ada kandungan sekam, pukdang dkk,,, itu bisa?

    Newbe ^^

    • bisa saja mbak Mariza pk botol yang ditidurkan secara horizontal. Perbedaannya pada pemotongannya saja. Coba mbak Mariza lihat contoh gambar yang ada di atas (yang d tempel di dinding).

      Pakai sekam juga gpp, asal nutrisi yang kita berikan sesuai dengan yang di butuhkan oleh tanaman tersebut.

  6. maaf ya mau tanya lagi,, itu gambar yg botol aqua horizontal kl saya perhatikan dengan penanaman menggunakan media tanah ya? jd kl botolnya ditidurkan semua bagian dalam botolnya diisi tanah ya? bisa ga dengan sistem hidroponik td dengan posisi spt itu?

    maaf banyak tanya, sangat awam ^^

  7. maaf pak mo tanya.
    cara buat larutan nutrisinya.
    dari yang ditulis bahan-bahannya:
    Pupuk Urea…………………………………………….1000 gr.
    Pupuk KCL …………………………………………… 1000 gr.
    Pupuk NPK …………………………………………… 1000 gr.
    Pupuk daun Gandasil ( Growmore ) ……………. 50 gr.
    semua bahan dicampurkan, lalu perlahan ditambahkan air 20 liter.
    itu baru untuk pekatannya yah, trus nanti dicampur lagi ke air yang 100 liter.

    kalau kita pemakainnya hanya sedikit tidak sampai 100 liter, berapa takaran yang digunakan untuk larutan pekatannya?
    apakah dari yang 20 liter pekatan itu bisa diambil hanya 5ml untuk 1 liter air ?
    mohon pencerahannya, terimakasih.

  8. Salam hormat,

    Untuk kawasan sekitaran tangerang selatan, dimana bisa didapatkan bahan-bahan nutrisi tersebut ya, terima kasih.

  9. maaf mas owner blog, saya ikut jawab yah,,,

    @mas Uki.. saya jg tinggal di tangerang selatan tepatnya d bintaro sektor 9 dan baru mau memulai hydroponik, saya sedang tunggu kiriman benih dan larutan nutrisi,,, untuk nutrisi saya pesan AB Mix dinmana di dalamnya sudah dicampur nutrisi yg dibutuhkan tanaman. saya pesan dr agrifam bogor atau jg ada di online seperti tokopedia, atau kaskus.

    semoga membantu

  10. Makasih mas, ini udah mulai mengerti cara hidroponic. sistem botol ini rupanya banyak caranya ya. Untuk pupuk apa bisa digunakan kompos?

  11. kenapa nutrisi nya masihbahan kimia, gimana kalo pakai limbah rumah tangga , kaya sisa-sisa makanan, bermanfaaatkah?

  12. Dalam pembuatan NUTRISI ada pupuk daun gandasili? Sejenis apa pohon gandasili tersebut? Apa pupuknya tersedia di toko pukuk? Nah untuk ukuran timbangan tersebut diatas nutrisi yg sudah jadi bisa dipakai untuk berapa banyak tanaman? Apakah sekali pakai atau ada jangka waktu untk mengganti air nutrisinya? Makasih atas ilmunya

  13. maaf ngulang ptanyaan, kl hidroponik pk botol horizontal, gmn menyekat antara media tanam dg air nutrisinya? apakah pk sumbu kain jg? bs dperjelas caranya? brp frekuensi pberian nutrisinya per minggu? trims

  14. gan saya masih binggung dalam cara pengairannya..
    dengan menggunakan media jirigen bekas minyak makan, apa di isi setiap hari atau sampai airnya kering baru diisi ulang?
    terimakasih..

  15. Salam kenal, Pak saya mau nanya untuk pengaliran air bernutrisinya 24 jam atau ada jeda waktunya ?? dan untuk tanaman apa saja yang bisa dilakukan hydroponic ?? thanks atas pencerahanya

  16. @Heni Bayo

    kalo ane biasanya beli kebutuhan tani di toko subur wirobrajan gan.
    lengkap dari pupuk, pasir sekam, net pot (mini pot hidroponik), dan gerobak sorong pun ada (malah promosi ~_~!)

    nice share, lumayan mencerahkan artikelnya. mampir juga yaak viciousfarmer.blogspot.com

  17. mbak @mariza di bintaro sektor 9 sebelah mana? sudah lancar hidroponiknya..saya juga baru mau mulai berhidroponik..boleh dong nimba ilmu..aku di pondok aren

  18. untuk TS yg share ini udah coba blm ? apa sekedar copas dr sumber lain ? kalo nutrisi pakai pupuk NPK apakah sama dengan pupuk hidroponik ?
    trs itu sumbunya apakah bisa maximal kalo pakai kayak itu ? bagaimana mengatasi yang lumutan sama adanya jentik nyamuk ? mungkin bisa dikasih gambar eksperimen sendiri ? itu kok gambarnya ada yang masig pakai tanah ? sya juga lagi pengen belajar hidroponik

  19. Salam..sy ibu rumah tangga,tertarik dgn uraian anda mengenai cara pembuatan tanaman hidroponik.Dan sy jg sangat ingin sekali mencobanya dirumah,yg ingin sy tanyakan dimanakah sy bisa mendptkan bibit2 tanaman hidroponik tsb..apakah penggunaan pupuk dpt menggunakan pupuk buatan atw pupuk yg dijual dipasaran.Oya..ada pelatihannya kah?Terimakasih.

  20. Sebagai mahasiswa pertanian saya kagum dengan blog ini… saya tertarik untuk membuat budidaya secara hidroponik yang sederhana dan relatif murah… nice infornya

    • tergantung mas nanam apa… cobanya tanaman yang gampang tumbuh dulu seperti kangkung. Untuk bibit kangkung, tidak saya semai, tapi langsung d tanam.

      Jadi kok dalam beberapa hari.

    • Bertanam hidroponik memang mengasikkan.kami sarankan kpd teman2 jgn takut mencoba, krn sy sendiri sdh mencoba dan saat ini halaman rumah sy penuhi dgn tanaman sayur hidroponik…dgn media botol bekas smp mengunakan pipa pvc dgn pola bertingkat, tanaman nya sawi,tomat cabe,selada,kangkung…jd u kebutuhan dapur g repot lagi kepasar bisa langsung petik dihalaman.

  21. sy sdh coba tanam slada n sawi hasil lumayan br pemula tapi gemana cara basmi tuh jentik didalam hidroponik klu hrs setiap saat dibuang airnya kan sayang nutrisinya..lalu gmn tuh jentik biar mati ? trims

  22. maaf mau tanya,kalo semisal saya pake tanaman yang sudah berakar,apakah ini bisa di tanam dengan cara hidroponik?
    terima kasih sebelumnya

  23. Bagi para pemula seperti saya, artikel seperti ini sangat membantu, saya sudah praktekan yang pakai botol bekas dan stereofoam bekas, bagi rekan-rekan yang ingin belajar bersama, berbagi ilmu, tanya jawab, maupun mencari keperluan untuk berkebun ataupun ber-hidroponik-ria, kami menyediakannya . Kunjungi juga halaman saya di facebook.com/aneka.benih.murah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s